Brilio.net - Banyak cara yang digunakan orang untuk menyimpan uang, salah satunya adalah di bank. Menyimpan uang di bank menawarkan berbagai keuntungan, seperti keamanan yang terjamin karena adanya perlindungan dari risiko kehilangan atau pencurian. Namun berbeda dengan pria lansia asal Tiongkok ini, ia malah tak percaya untuk menyimpan uangnya yang berjumlah milyaran ke bank.

Dilansir dari sanook.com, tidak tanggung-tanggung, ia saat itu telah memegang uang besar Rp 3,5 miliar dari hasil kerja keras. Suami yang bernama Liu mengatakan bahwa telah bertahun-tahun menjalankan kehidupan yang hemat. Awalnya ia hanya memiliki sedikit modal, hingga modal tersebut digunakan untuk membuka toko kecil di daerah tempat tinggalnya.

BACA JUGA :
Cara petugas damkar deteksi ada ular besar di plafon rumah ini sepele tapi tepat sasaran

foto: sanook.com


Ia menyadari betul bahwa usahanya ini tidak bisa dibilang besar. Namun dengan pendapatan tersebut ia dan istri bisa memiliki uang untuk ditabung hingga hari tua. Setiap penghasilan, Liu langsung memberikan kepada istri untuk disimpan.

BACA JUGA :
Curhat wanita rela tinggalkan kampus di Rusia padahal dapat beasiswa, sebut pelajarannya terlalu sulit

Dengan berbagai pertimbangan, pasangan ini sepakat untuk tidak meletakkan simpanan uangnya di bank. Ia merasa tidak aman dan memutuskan untuk menyembunyikannya di bawah tempat tidur mereka. Apalagi ternyata mereka dengan sengaja memodifikasi kamarnya untuk menyimpang uang tersebut.

"Ada laci besar yang tersembunyi di bawah kasur. Itu akan menjadi tempat persembunyian sempurna yang tidak akan bisa ditemukan oleh siapa pun," tertulis di sanook.com dilansir oleh brilio.net pada Senin (10/6).

Namun, pada suatu malam, Liu dan istrinya memutuskan untuk pergi jalan-jalan setelah makan malam. Namun, ia meninggalkan rumah dalam keadaan tidak terkunci yang berujung kehilangan uangnya. Setelah kembali dari jalan-jalan, mereka berdua terkejut saat melihat rumahnya sudah berantakan. Seluruh laci dan lemari dalam rumah hancur dan perabotannya berserakan, termasuk tempat tidur. Peristiwa ini terjadi pada malam 23 April 2015.

Menyadari kejadian tersebut, lantas pasangan ini langsung menelpon polisi untuk melaporkan kejadian tersebut. Polisi berusaha mencari berbagai petunjuk di lokasi kejadian. Akhirnya menemukan jejak kaki kecil di lorong dan juga menemukan sidik jari yang tidak sengaja ditinggalkan pelaku.

Polisi melakukan berbagai upaya untuk menemukan banyak petunjuk. Salah satunya adalah menanyakan penduduk di seluruh kawasan pemukiman terdekat. Selain itu, aparat juga memeriksa CCTV dan menemukan dua pria misterius. Pria tersebutlah yang dikira sebagai pelaku pencurian.

foto: sanook.com

"Dari sini saya memeriksa kamera dan menemukan dua pria misterius yang tampak membawa tas aneh. yang mempunyai beban yang banyak Ketika pasangan itu melihat tas itu, mereka berteriak dengan keras: Itu adalah seprai kami," kata polisi.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, salah seorang pelaku merupakan pria berusia 40 tahun yang sebelumnya pernah divonis 9 tahun penjara karena kasus pencurian. Dia bebas pada tahun 2003. 12 Tahun kemudian, dia ternyata diketahui masih melakukan tindakan kriminal. Pria tersebut berhasil diringkus polisi di Mongolia.

Tidak butuh waktu lama, polisi kembali berhasil menangkap pelaku yang satunya lagi. Ternyata sosok ini merupakan cucu dari pasangan lansia tersebut. Kedua pencuri tersebut dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun. Sementara itu, Liu jera untuk menyembunyikan uang di rumah. Ia memilih untuk menyimpannya di bank.

 

 

(brl/far)

RECOMMENDED