Brilio.net - Bagi banyak orang, dapat kesempatan untuk berkuliah di luar negeri dan menerima beasiswa pula, adalah sebuah anugerah. Siapa yang tidak senang ketika belajar di negara lain secara gratis. Apalagi jika jurusan yang dimasuki adalah bidang ilmu yang sudah diminati sejak lama.

Namun berbeda dengan yang dirasakan oleh wanita ini. Awalnya tentu ia merasa senang, sampai akhirnya memutuskan berhenti damn pulang ke Indonesia. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @bukanhiburanmu.

BACA JUGA :
5 Fakta Anita Jacoba, anggota DPR RI yang berani bentak Nadiem Makarim saat rapat anggaran

Wanita bernama Fika ini dapat kesempatan berkuliah di Rusia. Ia juga mengatakan jurusannya merupakan bidang ilmu yang telah diincar sejak duduk di bangku SMP. Sudah 3 semester ia menjalani perkuliahan ditambah pula 1 tahun belajar bahasa Rusia secara gratis.


foto: TikTok/@bukanhiburanmu

BACA JUGA :
Gara-gara mati listik seharian di Sumatera, wanita ini kembali rasakan kebahagiaan yang lama terenggut

Namun ia memutuskan untuk berhenti dari kampus tersebut. Fika malah memilih untuk berkuliah di salah satu kampus swasta di Indonesia. Tentu ia punya alasan untuk itu.

"Orang gila mana yang nge-DO dirinya sendiri dari kampus di Rusia dan lebih milih kuliah di kampus swasta Indo. Ya itu gue," tulisnya.

Saat ini, ia memilih mengulang dari awal dan mengambil jurusan Teknik Kimia. Sebab, di Indonesia sulit sekali mencari kampus yang menyediakan bidang studi astronomi. Dengan berat ia harus mengambil keputusan itu.

Bukan tanpa alasan, ternyata ia mengaku kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Ada banyak materi yang tidak bisa dikuasai. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasannya dalam memahami bahasa Rusia.

foto: TikTok/@bukanhiburanmu

Setiap ujian ia hanya mengisi lembar jawaban secara serampangan. Memang secara hasil ada yang dinyatakan lulus. Tapi menurutnya itu percuma jika tidak memahami pelajaran sama sekali.

"Salah gue dari awal adalah nggak belajar bahasa yang bener-bener biar paham bahasanya. Malah cuma fokus nugas dan ngegugurin tanggung jawab doang. Lulus si lulus, tapi ngang ngeng ngong," katanya.

foto: TikTok/@bukanhiburanmu

Selain itu ia juga mengaku bahwa merantau di Rusia juga merupakan hal yang berat. Ia tak bisa berdiri sendiri. Selalu saja meminta tolong orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. Karena itu, balik ke Indonesia adalah pilihan yang tepat supaya bisa mengerjakan kewajiban lebih mandiri.

"Jadi ya gua ngulang kuliah di Indo dari awal dengan jurusan yang beda. And i'm glad i did that," pungkasnya.

Kisahnya ini menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang memaklumi keputusannya karena memang semua orang punya tekanan masing-masing. Apalagi hal tersebut pasti sudah melalui pertimbangan yang matang.

foto: TikTok/@bukanhiburanmu

"Bab terkeren dari kehidupan adalah mengalah dengan keadaan tetapi tidak berhenti berjuang untuk hal yg lbh realistis," kata akun @minumankocoksusu.

"Santuy, aku punya satu teman, dia sudah tinggal 1/5 semester kuliah di Jerman, ga kuat, akhirnya balik dan sama, kuliah di swasta dan beda jurusan, yg penting apa yg kamu pilih, kamu bisa mempertanggungjawabkan itu," tulis akun @yangpalingindah.

"Pindah jurusan ga masalah kak, dulu aku juga kuliah jurusan hubungan internasional, tapi aku ngerasa itu bukan bidang yang aku banget, akhirnya aku sbm lg dn pindah jurusan ekonomi," komentar akun @satrioaji.

"Kamu keren banget kak ini sekaligus pengingat buat yg pingin belajar di luar negeri mental bener2 harus dipersiapin jangan hanya bondo nekat," tulis akun@ soora.

 

 

 

(brl/far)

RECOMMENDED