Brilio.net - Momen kepulangan jamaah haji ke Indonesia selalu dinantikan oleh masyarakat kampung halaman. Tidak hanya keluarga yang menyambut dengan sukacita, tetapi juga tetangga dan kerabat dekat ikut merayakan.

Hal itulah yang dirasakan oleh rombongan jemaah haji asal Makassar ini. Diketahui, kepulangan tersebut merupakan rombongan dari kloter pertama. Namun ada yang tampak mencuri perhatian, rata-rata jamaah haji itu tampil glamor saat turun dari pesawat.

BACA JUGA :
Atta Halilintar pilih tidak mencukur botak rambutnya usai selesai haji, ternyata ini alasannya

Terlihat bahwa mereka turun dari maskapai kebanggaan Tanah Air, pesawat Garuda Indonesia. Jemaah itu dengan percaya diri turun sambil menenteng koper. Di bagian apron, sudah ada beberapa petugas yang mengurus kedatangan mereka. Penampakan itu bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @ahmadfatwatjatier.


foto: TikTok/@ahmadfatwatjatier

BACA JUGA :
Ramai kritik atas fasilitas tenda di Mina sebabkan jamaah haji tidur di lorong, ini tanggapan Kemenag

Dilansir dari sulsel.kemenag.go.id, sebanyak 450 jemaah mengisi kloter 1 ini. Masing-masing dengan rincian 441 jemaah haji asal kota Makassar, 8 petugas, dan 1 jemaah tanazul masuk eks kloter 06. Adapun jemaah lansia dalam kloter tersebut berjumlah 147 orang, dimana 18 diantaranya butuh bantuan kursi roda.

Namun tampilan mereka yang nyentrik lantas menuai sorotan. Setelah tiba di Bandara Sultan Hasanuddin itu, ada jemaah yang menggunakan pakaian berwarna ngejreng seperti merah.

Terlihat mereka turun layaknya ajang fashion show. Selain pakaian yang tampak nyentrik, perhiasan yang ada di sekujur tubuh pun tak ubahnya toko emas berjalan. Bahkan ada salah satu jemaah yang dengan percaya diri melambaikan tangan di depan kamera dengan tampilan glamornya.

"Menyala ki haji baru," tulis pembuat video di caption.

foto: TikTok/@ahmadfatwatjatier

Baju yang digunakan pun tampak penuh dengan pernak pernik. Sehingga, ketika disaksikan jamaah tersebut tampak berkilau ketika turun dari pesawat. Tidak lupa jari yang jumlahnya ada 10 itu, hampir semua dipenuhi dengan cincin.

Bahkan, ada juga jemaah yang menggunakan jilbab dengan warna kuning emas. Mereka nantinya akan mengikuti rangkaian penerimaan yang disambut oleh otoritas kota Makassar.

foto: TikTok/@ahmadfatwatjatier

"Selamat datang kembali di Tanah Air dan kampung halaman. Bapak ibu telah melaksanakan ibadah haji dengan lancar, dan tiba dengan selamat di tanah air. Insya Allah menjadi haji mabrur, mabruroh," tutur PLH Sekda Provinsi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang, dilansir dari sulsel.kemenag.go.id.

Lantas video tersebut menjadi viral dan menuai perhatian netizen. Banyak yang tidak sepakat dengan apa yang dilakukan oleh jamaah haji tersebut. Tidak sedikit juga yang membela bahwa ini adalah tradisi dari Makassar yang sudah berlangsung lama.

foto: TikTok/@ahmadfatwatjatier

"Pulang haji bukannya lebih baik kok tambah eror," kata akun @geminigils31.

"Pakaian itu sudah turun temurun dari nenek moyang yang naik haji itu tanda syukurnya sama Allah dan menandakan dia sudah haji," tulis akun @hjhadriani

"Yang bilang kenapa sekarang heboh. Udah dari dulu sekali begini. Mamaku haji 2002 aslinya 1 pesawat isinya haji baru yang bajunya menyala. Bedanya dulu tidak ada sosmed," ujar akun @ur'mine

"Suka-suka mereka selagi tidak merugikan orang. Toh yang penting mereka naik haji pakai uang mereka sendiri," komentar akun @nurlayliea.

(brl/lea)

RECOMMENDED