Brilio.net - Memiliki dapur yang nyaman dan estetik merupakan impian bagi banyak orang. Setiap rumah yang baik harus memiliki area dapur untuk memasak maupun melakukan kegiatan lainnya. Namun, tak semua hunian menyediakan dapur untuk digunakan.

Biasanya, hunian tersebut merupakan kos-kosan maupun kontrakan minimalis. Ruangan dalam hunian tipe tersebut hanya terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi saja. Nggak sedikit dari penyewa yang memutar otak untuk membuat dapur sementara yang bisa dibongkar sewaktu-waktu.

BACA JUGA :
Tips bikin dapur semi terbuka di rumah mungil ukuran 45 meter, inspirasi buat yang suka nongkrong

foto: YouTube/Kel Sa


Pemilik akun YouTube Kel Sa ini membagikan cara untuk membuat dapur sementara yang nyaman untuk beraktivitas. Bisa dicontoh buat kamu yang membutuhkan dapur minimalis untuk rumah kontrakan atau kos-kosan. Dilansir dari kanal tersebut, ia memperlihatkan bagian dapurnya yang sangat berantakan.

BACA JUGA :
Cara makeover dapur kontrakan kumuh jadi estetik ini trik simpelnya layak ditiru, fix idaman emak-emak

Dapur tersebut hanya memiliki meja kayu sebagai tempat memasak. Berbagai barangnya hanya diletakkan seadanya di rak piring. Sejumlah perabotan lainnya diletakkan di lantai karena rak tidak cukup untuk menyimpan peralatan makan dan masaknya.

foto: YouTube/Kel Sa

Untuk makeover, ia hanya membutuhkan wallfoam sebagai pelapis dinding pada area memasaknya. Wallfoam ini dibeli seharga Rp 4 ribuan per lembar. Ia menggunakan sekitar 5 lembar, artinya total harga Rp 20 ribuan.

Alasan ia memilih abu-abu karena menginginkan tema bernuansa biru dan abu-abu. Warna tersebut terlihat lebih netral bagi ruangan sempit. Alhasil, dapurnya tampak lebih luas. Sementara itu, mejanya dilapisi taplak karpet bernuansa abu-abu agar senada dengan dindingnya.

foto: YouTube/Kel Sa

Ia juga menambahkan ambalan kayu sebagai rak dapur. Untuk ambalan ini ia tidak mengeluarkan kocek karena memanfaatkan kayu bekas. Dengan tambahan ambalan tersebut, ia bisa menata berbagai perabotan seperti bumbu dan barang pecah belah lainnya.

Selain itu, kolong meja dimanfaatkan sebagai storage. Sisa ruang dapat digunakan untuk tempat penyimpanan barang-barang berukuran besar. Agar rapi, ia menambahkan tirai kolong.

foto: YouTube/Kel Sa

Nah, begini tampilan sudut rumah berukuran 1,4 x 1,9 meter tersebut disulap menjadi dapur. Dibandingkan sebelumnya, dapurnya tampak jauh lebih rapi dan bersih. Dengan begini, dapur tersebut nyaman untuk beraktivitas.

Apalagi perabotannya sudah dirapikan sehingga nggak bikin sumpek. Untuk ruangan minimalis, ada baiknya menambahkan ambalan atau rak pada dinding agar tak memakan ruang pada meja maupun lantai. Makeover kecil-kecilan itu pun menuai beragam pujian dari warganet.

"Hasilnya dapur kecil yang kelihatan cantik, rapi & teratur.. terima kasih sudah berbagi ilmunya kak.. Semoga terus sukses ya," kata @aliciauvangkitchen9880.

"Wah...manis ya bund nuansa dapurnya abu2 putih, jadi terlihat rapi bersih dan lembut d pandang mata," kata @bundaeren2538.

"Dapurny jadi cantik," kata @sandyanya925.

"Suami istri kreatif baangeet nih," puji @nurbaiti9322.

"MashaAllah jdi makin cantik dapurnya Bun," kata @Juriatihusain.

 

 

(brl/far)

RECOMMENDED