Brilio.net - Dapur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Untuk itu, hunian yang baik pasti memiliki dapur untuk melakukan kebutuhan memasak, mencuci piring, atau kegiatan lainnya. Maka dari itu, dapur harus didesain nyaman bagi pengguna rumah.

Namun, nggak sedikit pemilik rumah yang membiarkan tampilan dapurnya apa adanya. Dengan kondisi seperti itu, biasanya dapur terlihat sumpek karena banyak barang-barang berserakan. Alhasil, tampilan dapurnya tidak enak dipandang.

BACA JUGA :
Trik makeover dapur kusam jadi estetik cuma modal Rp 35 ribu, bukti kreatif di tangan istri yang tepat

foto: TikTok/@elke_satu


Maka dari itu, nggak ada salahnya untuk melakukan makeover agar tidak membosankan. Apalagi jika dapur tersebut milik ibunda tercinta. Seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @elke_satu. Lewat salah satu unggahannya, ia melakukan makeover pada dapur sang ibu dengan suka rela.

BACA JUGA :
Ukurannya cuma sepetak, cara emak-emak perluas dapur sempit ini modalnya nggak sampai Rp 100 ribu

Dapur yang sebelumnya tampak berantakan dengan berbagai pelatan memasak tersebut juga memiliki tampilan khas tempat masak zaman dulu. Oleh karena itu, ia melakukan makeover kecil-kecilan demi mendapatkan tampilan dapur yang lebih rapi, nyaman, dan estetik.

foto: TikTok/@elke_satu

Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan bagian dinding dengan menghilangkan cat yang mengelupas. Kemudian, untuk bagian meja, ia membersihkan sampai tidak ada debu dan minyak. Penting untuk membersihkan area ruangan atau barang sebelum di-makeover untuk mempermudah proses memoles cat atau memasang wallpaper.

foto: TikTok/@elke_satu

Setelahnya, ia memasang wallpaper motif marmer pada bagian dinding. Hal ini agar memberikan tampilan dapur yang estetik dan nyaman dipandang. Selanjutnya, pengecatan keramik pada meja dapur untuk memberikan tampilan yang bersih.

foto: TikTok/@elke_satu

Kemudian, pada pintu kabinet dapurnya juga diubah menjadi warna cokelat kayu yang pekat. Agar dapurnya terlihat bernuansa serba putih, ia menambahkan wallpaper vinyl pada backsplash-nya. Warna glossy pada dinding membuat dapurnya tampak lebih elegan.

foto: TikTok/@elke_satu

Dengan merapikan kembali peralatan memasaknya, dapurnya terlihat jauh lebih bersih, kan? Warna serba putih membuat dapur terlihat lebih rapi, apalagi ada tambahan wallpaper untuk melindungi keramik agar tak mudah kotor.

Aksi @elke_satu tersebut menuai pujian dari warganet. Mereka memuji niat baiknya untuk membuat dapur ibunya menjadi lebih cantik dan rapi. Namun, tak sedikit warganet yang menyarankan untuk memasang wallpaper motif lain daripada kotak-kotak.

"Jd bagus bgt bang.. klo ada rezeki lebih ganti sink cuci piring & kompor tanamnya," kata @nanatralala97.

"Baguss, tapi walpaper yang kotak kotaknya bikin kureng," kata @ngtiara.

"Tinggal pasang ambalan, wadah2 bumbu estetik, tambah, mix walldecor yang lucu2, kalo backsplash udah bosen bisa dicat full ky yg bwah, bagus aja kok," kata @bianca.elmandha.

"Jadi clean bangett," puji @hellenmuthaa.

"Bagusssss tapi walpaper kotak kotaknya agak kurang match," kata @dee.

 

 

(brl/mal)

RECOMMENDED