Brilio.net - Rematik seringkali menjadi momok bagi para lansia. Kondisi ini disebabkan karena usia yang tua diikuti dengan kondisi tulang dan persendian yang semakin lapuk. Alhasil mereka sering sekali mengeluh sakit, linu, hingga bengkak pada bagian sendi. Adapun cara perawatan yang biasa ditemukan adalah terapi batu. Ada pula beberapa lansia yang menggunakan sandal khusus yang biasa disebut sandal rematik.

Sandal rematik, yang juga dikenal sebagai sandal refleksi, menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Didesain dengan tonjolan-tonjolan kecil, sandal ini bekerja dengan prinsip pijat refleksi, sehingga dapat merangsang titik-titik tertentu di kaki untuk melancarkan peredaran darah.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh bikin kunci gerbang pakai pengait sabuk pengaman ini kreatifnya bikin maling nyengir

Tentunya itu sangat penting, terutama bagi mereka yang mengalami rematik, karena dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kaku pada sendi. Selain itu, penggunaan sandal rematik secara rutin juga dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh, yang berarti dapat membantu tubuh melawan penyakit lebih efektif.

Sandal khusus ini bisa dibeli di toko terdekat. Namun karena fungsinya yang khusus, sandal ini cenderung lebih mahal dari sandal jepit biasa.


Jika kamu kebentur biaya, kamu bisa lho membuat sandal rematik sendiri. Seperti yang diperlihatkan oleh unggahan akun Instagram @didin.channel.reel, Jumat (7/6).

BACA JUGA :
Pria tunjukkan cara nyeleneh membelah bambu yang hemat waktu dan tenaga, tukang wajib tahu

lifehack nyeleneh cara bikin sandal rematik
Instagram/@didin.channel.reel

"Membuat sandal anti rematik, mantap men!" kata pria pemilik akun ini mengawali videonya.

Cara membuat sandal rematik sederhana

Mulanya, kamu hanya perlu menyiapkan sandal jepit biasa. Tidak perlu beli yang baru, kamu bisa menggunakan sandal yang sudah lama dipakai. Dalam video diperlihatkan sebelumnya, dia mengumpulkan dulu batu kerikil yang bentuknya membulat tanpa sisi yang tajam satupun.

Selanjutnya, pria ini membersihkan sandal lalu mengeringkannya. Batu-batu yang sudah dipungut dari jalanan ini juga dibersihkan. Setelah itu, panaskan lem tembak. Oleskan pada batu lalu tempelkan pada permukaan sandal. Ulangi sampai sandal tampak penuh terisi oleh batu dengan susunan yang rapi.

lifehack nyeleneh cara bikin sandal rematik
Instagram/@didin.channel.reel



lifehack nyeleneh cara bikin sandal rematik
Instagram/@didin.channel.reel

Setelah jadi, langsung saja sandal karyanya ini diberikan pada istrinya. Awalnya sang istri merasa heran namun setelah dipakai, dia pun mengakui kalau sandal rematik 'homemade' ini cukup berguna.

"Wah enak pak (sandalnya), mantap men!" kata sang istri.

lifehack nyeleneh cara bikin sandal rematik
Instagram/@didin.channel.reel

Meskipun idenya nyeleneh dan cenderung tidak serius, warganet tetap meramaikan video ini dengan berbagai komentar. Salah satunya menyebut kalau sandal rematik ini bisa dibuat kalau kamu kurang puas memakai sandal rematik yang terbuat dari plastik ataupun kayu.

"Kalau kamu sudah nggak puas dengan kerasnya kayu atau plastik, sandal rematik memang sebaiknya diganti pakai batu," tulis akun @muhammad_sanusi92.

"Kemarin teman saya bikin sendal rematik, setelah 2 Minggu pemakaian, sekarang temen saya ga bisa jalan. Mantap men!" kata @aziz_frusstt.

"Rematiknya kan ada titik-titiknya men, nggak asal nempel men!" tulis akun @real_bayuoxs28.

"Telapak kaku auto biru-biru bengkak men!" kata akun @ymegasurya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by didinchannel01 (@didin.channel.reel)

 

(brl/ola)

RECOMMENDED