Brilio.net - Ada dua tipe pekerja dilihat dari cara mereka menyelesaikan tugasnya. Pertama, pekerja keras yang rela mengerahkan seluruh tenaganya untuk hasil maksimal. Yang kedua, pekerja cerdas yang melakukan semua pekerjaannya dengan efisien namun hasilnya tetap maksimal.

Pekerja yang cerdas kadang selalu memikirkan cara-cara kreatif sampai yang nyeleneh demi membuat pekerjaannya lebih mudah. Dari mulai mengatur jam kerja, sampai memanfaatkan benda sekitar untuk dijadikan alat penunjang pekerjaan.

BACA JUGA :
Ban kempes dan tak ada bengkel, lifehack nyeleneh isi angin pakai knalpot ini berguna saat emergency

Salah satunya dialami juga oleh pekerja dalam video berikut ini. Seorang tukang yang mendapati inspirasi yang bisa membuat pekerjaannya jadi lebih efisien. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @didinchannel01, Jumat (7/6), unggahan video ini memperlihatkan seorang tukang yang awalnya kesulitan ketika membelah bambu panjang hanya dengan sebilah golok.


foto: TikTok/@didinchannel01

BACA JUGA :
11 Jawaban kocak orang tua salah ketik ini bikin capek bacanya, beda dikit ngaruh

Kayu bambu yang bentuknya bulat memanjang ini dibelah menjadi beberapa bagian. Namun caranya tampak sangat manual dengan mengandalkan pisau golong dan tangan telanjang dari tukang tersebut.

Sejenak kemudian seorang pria mendatangi si tukang dan mengoreksi cara yang dilakukan si tukang.

"Wah bukan begitu caranya. Sini biar abah contohin," kata si pria tua.

foto: TikTok/@didinchannel01

Pria tersebut pun langsung mengambil alih pekerjaan membelah bambu ini. Ia mengambil golok, membelah bambu sepanjang satu ruas lalu membuat belahan itu semakin menganga.

foto: TikTok/@didinchannel01

Selanjutnya, dengan memanfaatkan batang pohon yang tidak terlalu besar, batang pohon dimasukkan pada sela-sela bambu yang sudah menganga ini. Dipegang kedua ujung bambu, lalu berjalanlah mundur sambil menarik bambu tersebut.

Alhasil, dalam video diperlihatkan bambu jadi terbelah dengan mudah dan cepat.

"Wah iya bah, belah bambu jadi cepet," kata si tukang.

foto: TikTok/@didinchannel01

Lifehack ini juga ternyata diakui beberapa warganet sebagai cara yang efektif. Salah satunya menyebut kalau lifehack ini berguna dibandingkan wifi kayu yang pernah juga dibuat pria tua dalam video tersebut.

"Nah gini dong sesekali berguna buat penonton, jangan kayak buat wifi dari kayu," tulis akun @_xenn_ingintobat.

"Cukup efektif buat para pemula yang baru nyoba kerja belah bambu," tulis akun @mantawakan.

"Mantap men, harusnya pakai kaos tangan dong, men," kata akun @rajibridwan.

"Tapi kalo nggak punya lapangan luas nggak bisa petakilan itu bah belah bambunya," tulis akun @zaling20.

(brl/wen)

RECOMMENDED