Brilio.net - Salah satu masalah yang sering dialami para pengendara motor adalah ban kempes. Keapesan ini bisa terjadi kapan saja, bahkan dalam kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun. Ban kempes bisa jadi karena kehilangan tekanan udara di dalam ban, kerusakan pada dinding ban, atau velg yang bermasalah.

Hal ini akan sangat merepotkan ketika kamu tengah berada di kawasan sepi dan tidak ada bengkel di sekitar. Mau tidak mau dorong sepanjang jalan sampai ketemu bengkel. Pasti melelahkan dan menjengkelkan sekali.

BACA JUGA :
Trik bersihkan sol sepatu menguning, sekali coba dijamin auto kinclong tanpa bantuan laundry

Nah, jika hal tersebut terjadi, kamu bisa gunakan lifehack nyeleneh berikut ini. Cara unik ini bisa kamu lakukan dan cocok banget saat keadaan emergency. Dimana kamu bisa mengisi angin ban, tanpa bantuan pompa angin nitrogen sedikitpun.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @infotekniksipil, Kamis (6/6), unggahan video ini memperlihatkan sebuah momen dimana seorang pengendara motor dan temannya sedang berusaha mengisi angin ban motor yang kempes.


BACA JUGA :
Dilarang membobok tembok kos, lifehack nyeleneh pria pas pasang AC ini idenya menantang gravitasi

lifehack nyeleneh cara isi angin pakai knalpot
Instagram/@infotekniksipil

Bukan menggunakan angin nitrogen dari kompresor, motor ini diisi dengan angin yang dihasilkan dari knalpot motor itu sendiri. Seperti memanfaatkan limbah untuk didaur ulang, tiga orang dalam video inii tampak berusaha agar ban motornya tidak kempes lagi.

Dengan saling membantu, satu orang terlihat memasukkan selang pompa ke pentil ban untuk bisa menyalurkan angin. Satu orang lainnya memasukkan ujung selang satunya ke lubang knalpot. Sementara orang ketiga terlihat bertugas menyalakan motor.

lifehack nyeleneh cara isi angin pakai knalpot
Instagram/@infotekniksipil

Setelah mesin menyala, motor pun di gas dengan kencang agar knalpot menghasilkan tekanan angin yang kencang. Angin knalpot pun berusaha semaksimal mungkin dimasukkan ke dalam ban. Hasilnya, menurut keterangan pengunggahan video, cara tersebut terbukti ampuh, namun tidak berlaku untuk motor matic.

"Baru tau ternyata fungsi knalpot buat ngisi angin ban, ketika nggak ada tukang tambal ban. Tidak berlaku buat motor matic ya gaes," tulis caption postingan.

lifehack nyeleneh cara isi angin pakai knalpot
Instagram/@infotekniksipil

Melihat video lifehack ini, warganet pun menuliskan berbagai responnya di kolom komentar. Salah satunya menyebut kalau cara ini bisa dilakukan saat kondisi emergency seperti yang terlihat dalam video.

"Bagus banget buat emergency nih," tulis akun @ilyasqadafi.

"Itu angin panas ngab. Nanti ban rusak, iya nggak sih?" tanya akun @deridori0td.

"Yang penting bisa jalan dulu sampai tambal ban terdekat, buat emergency," jawab akun @ferikid.

"Nggak bayangin yang pegang selang nahan bau knalpot," kata akun @noya_cahya.

"Tapi keren sih ini. Great idea," tulis @dharmawidhi.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)

 

(brl/ola)

RECOMMENDED