Brilio.net - Media sosial memuat begitu banyak konten yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah konten lifehack yang bisa kamu jadikan inspirasi mempraktekkannya di rumah. Dari mulai cara masak, sampai cara mengakali masalah pada kendaraan, semuanya bisa kamu temukan.

Namun, di antara banyaknya konten lifehack, ada juga yang sebenarnya nggak terlalu berguna. Selain karena tak menimbulkan manfaat, lifehack ini caranya terkesan nyeleneh.

BACA JUGA :
Trik bersihkan sol sepatu menguning, sekali coba dijamin auto kinclong tanpa bantuan laundry

Tapi buat kamu sobat gabut yang tidak terlalu banyak kerjaan, mungkin bisa mencobanya. Salah satunya adalah lifehack nyeleneh berikut ini. Yaitu, cara membuat suling dari paralon bekas.

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @ade_wikytama, Senin (3/6), pemilik akun ini membagikan sebuah tutorial membuat alat musik tiup ini hanya bermodal paralon dan balon karet.


"Ini nih kak, kita bikinin seruling pemanggil rejeki," tulis caption video tersebut.

BACA JUGA :
Dilarang membobok tembok kos, lifehack nyeleneh pria pas pasang AC ini idenya menantang gravitasi

foto: TikTok/@ade_wikytama

Mulanya diperlihatkan, pria dalam video ini menyiapkan sebatang paralon bekas. Kemudian paralon ini dibagi menjadi dua bagian. Satu panjang, yang satu pendek. Setelah dipotong, ujung yang jadi bekas potongan ini dihaluskan menggunakan kertas amplas.

Selanjutnya, pria tersebut memanaskan obeng kembang dengan api lilin. Besi obeng yang panas ini ia gunakan untuk membuat lubang pada batang paralon yang panjang. Lubang dibuat secara vertikal sebanyak enam lubang sesuai dengan jumlah lubang nada suling.

foto: TikTok/@ade_wikytama

Setelah itu, dengan satu buah balon karet, pria itu memasukkan paralon pendek ke dalam balon, lalu dilanjutkan pada ujung pipa yang panjang. Kemudian, pipa pendek yang di dalam balon ini disejajarkan dengan pipa panjang.

foto: TikTok/@ade_wikytama

Dua pipa itu pun diikat menggunakan lakban hitam. Nah, pada momen selanjutnya, suling paralon ini coba dibunyikan. Kocaknya, ternyata suling ini bukan seperti suling yang ketika ditiup langsung menghasilkan bunyi.

foto: TikTok/@ade_wikytama

Melainkan, saat suling ini pertama kali ditiup, udara akan tertampung sementara pada balon, lalu akan dikeluarkan perlahan-lahan ketika pria tersebut membuka lubang-lubang nada pada suling ini. Alhasil, keluarlah suara dengan nada-nada layaknya suling.

Meski terlihat tidak berguna, warganet merespons video ini dengan menyebut lifehack ini cocok dipraktekkan oleh orang-orang gabut.

"Apasih ini bang? Tapi cocok sih buat orang gabut kayak kamu bang," tulis akun @syaaa0777.

"Wah makasih mas, bisa buat ngusir nyamuk," kata akun @ell.vb.

"Ada-ada aja ya Allah, jam dua pagi lihat konten ginian," tulis akun @glendaelisa2.

"Bisa jadi kerajinan anak sekolah nih bang," kata akun @iwansetiawan123343.

 


RECOMMENDED

(brl/far)

RECOMMENDED