Brilio.net - Setiap musim hujan, bencana banjir menjadi ancaman sejumlah wilayah di Indonesia. Curah hujan yang deras, sistem resapan air yang belum mumpuni, serta sungai-sungai yang meluap menyebabkan banyak daerah terkena banjir.

Saking seringnya, banyak orang-orang sudah mengantisipasi lebih dahulu sebelum datangnya banjir. Seperti meninggikan bangunan rumah, membangun tanggul di bantaran kali, sampai mengungsi ke daerah yang tidak terdampak banjir.

BACA JUGA :
Lucunya 27 kreasi lilin mainan ini, bikin nggak percaya!

Selain itu, ada juga orang-orang yang tetap bertahan di rumah dan mengantisipasi banjir dengan melakukan lifehack nyeleneh. Seperti unggahan video berikut ini. Dengan ide kreatifnya yang out of the box, pria ini menghalau banjir cuma modal mainan bocah.

"Sebuah tips dan trik dari orang yang selalu kena banjir," kata pria dalam video.


BACA JUGA :
9 Potret perayaan ultah El Rumi ke-24 bareng keluarga, momen tiup lilin malah bikin warganet ngakak

lifehack nyeleneh menahan air banjir
Instagram/@unconditionaldesign

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @unconditionaldesign, Jumat (7/6), unggahan video ini memperlihatkan situasi rumah yang sedang kebanjiran. Tinggi airnya kira-kira di bawah mata kaki orang dewasa, dan air sudah masuk sampai ke teras rumah.

Nah, ide nyelenehnya berada di bagaimana pria tersebut mencegah banjir cuma pakai mainan. Mainan yang dimaksud adalah lilin-lilinan yang biasa dijual di abang-abang depan SD. Harganya pun berkisar Rp 2000 sampai Rp 10.000 saja.

lifehack nyeleneh menahan air banjir
Instagram/@unconditionaldesign

Lilin mainan tersebut dipakai untuk menutup celah pintu. pertama dia menghancurkan lilin mainan dengan cara dikepal sampai jadi lentur. Kemudian selipkan lilinnya di celah pintu sampai benar-benar rapat. Metode ini seperti menambal barang yang bolong dengan benda lain.

"Nih ya, buat yang sering kena banjir, gue kasih tips dan trik. Caranya pintu lu lu tambal pakai lilin mainan yang di abang-abang tuh. Dan liat, seharusnya airnya masuk. Tapi karena gua tambal pakai lilin-abang-abang, airnya jadi nggak masuk," kata pria tersebut dalam video.

lifehack nyeleneh menahan air banjir
Instagram/@unconditionaldesign

Melihat video ini, warganet saling bertukar pendapat akan lifehack nyeleneh pria yang kebanjiran tersebut. Ada yang mengakui kalau cara memakai lilin mainan bocah ini ampuh, ada pula yang menyebut percuma kalau banjirnya bakal setinggi jendela.

Terlepas berguna atau tidak, tapi nyatanya air banjir yang meluap di luar tidak bisa masuk sampai dalam. Mungkin cara ini bisa kamu pakai jika volume air tidak terlalu tinggi.

Video yang diunggah dan di-repost ulang ke Instagram @unconditionaldesign ini sukses bikin orang takjub. Tidak disangka juga banyak yang menggunakan lilin mainan untuk cara yang lain juga.

"Gua juga kalo ganjel pipa buangan kolem pake ini, emang mutakhir sih lilin abang-abang, gua akui," tulis akun @davidburmelli.

"Percuma sih kalau nanti banjirnya setinggi jendela," kata akun @diazagk.

"auto ambyar sih kalau tiba-tiba ada yang buka pintu paksa," tulis akun @adistyawuri.

"Yang gua penasaran, kalo sekeluarga keluarnya gimana bang?" tanya @user_not_ami.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)

(brl/red)

RECOMMENDED