Brilio.net - Satu dari sekian banyak barang elektronik yang menunjang pekerjaan rumah tangga adalah setrika. Alat ini berfungsi untuk merapikan baju yang baru saja kering setelah dicuci dan dijemur seharian. Setrika yang menghasilkan energi panas ini membuat kain pakaian yang tadinya kusut menjadi lebih lembut. Dengan tambahan semprotan pewangi, pakaian pun akan semakin nyaman dipakai.

Namun sebagai barang elektronik, tentunya setrika butuh daya listrik yang cukup besar. Jika listrik mati, setrika elektrik tak bisa berfungsi dengan baik. Sebagai alternatif kamu harus kembali ke cara lama yakni menggunakan setrika arang. Namun, masalahnya tidak semua orang punya alat yang satu ini.

BACA JUGA :
Disangka bakal berguna, lifehack nyeleneh pria perbaiki lensa kacamata yang copot ini ujungnya menipu

Jika keduanya tidak ada, lalu bagaimana? Tak perlu khawatir, karena ternyata kamu bisa membuat setrika dari botol beling bekas wadah sirup, lho. Video ini ditunjukkan oleh akun @ade_wikytama melalui postingan TikTok-nya pada Sabtu (23/3).


lifehack nyeleneh bikin setrika pakai botol bekas
TikTok/@ade_wikytama

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh siswa bikin mainan biliar versi low budget, nggak kalah seru dengan aslinya

"Memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. Botol bisa jadi setrika tapi tetep lungset. hehe," tulisnya dikutip brilio.net dari caption TikTok @ade_wikytama, Rabu (5/6).

Dalam video dijelaskan, mulanya pria dalam video ini mengalami kesulitan ketika listrik mati di rumahnya sedang dirinya ingin menyetrika baju. Dia kepikiran untuk membuat setrika tanpa listrik atau arang dari botol beling.

lifehack nyeleneh bikin setrika pakai botol bekas
TikTok/@ade_wikytama

Pertama-tama siapkan 1 buah botol bekas sirup. Selanjutnya botol yang terbuat dari beling ini dicuci bersih, termasuk menghilangkan kertas yang menempel di botol tersebut menggunakan air dan kikis pakai pisau. Setelah semuanya bersih, botol ditiriskan dari air cucian, lalu tunggu hingga benar-benar kering.

Selanjutnya, keringkan juga bagian dalam botol ini menggunakan kipas angin. Botol yang kering dan bersih sudah siap digunakan. Dalam video ini juga diperlihatkan cara pakai dari setrika botol sirup ini. Ketika mau menyetrika, botol tidak perlu diisi dengan air panas.

lifehack nyeleneh bikin setrika pakai botol bekas
TikTok/@ade_wikytama

Bentangkan kaos yang masih kusut di atas meja setrika. Lalu gosokkan botor tersebut di setiap centi permukaan kaos, persis seperti menyetrika dengan setrika listirk. Niscaya pakaianmu yang kusut itu perlahan bisa rapi.

Simpel banget bukan? Lifehack nyeleneh setrika botol sirup ini mungkin berguna buat anak kos, baik yang nggak punya setrika listrik, apalagi setrika arang yang memang sudah cukup sulit mendapatkannya.

lifehack nyeleneh bikin setrika pakai botol bekas
TikTok/@ade_wikytama

Warganet pun banyak yang mengomentari video tutorial ini. Beberapa menyebut kalau ide ini endingnya terlalu simpel untuk proses yang cukup ribet. Ada pula yang protes karena dalam video tersebut pria ini menggunakan kipas angin listrik, padahal katanya listriknya mati.

"Katanya gak ada listrik nya kok nyalain kipas angin?" tulis akun @bintang.bagus.pra.

"Ribet banget, tinggal setrika pakai telapak tangan juga bisa," kata akun @rafi.r0606.

"Gua kira botol bekas sirupnya mau diisi pakai air panas terus dibuat nyetrika baju," tulis akun @.zx10r_.

"Kalau gua sih lebih milih listriknya nyala bang," kata akun @pril_april18.

(brl/red)

RECOMMENDED