Brilio.net - Demi rumah yang aman, banyak orang mendesain rumahnya dengan keamanan ekstra, khususnya pintu pagar. Sebagai pembatas, tentu pintu pagar harus didesain dengan sistem keamanan yang baik. Jika tidak, hal-hal buruk seperti didatangi maling, atau hewan buas akan jadi malapetaka buat rumahmu.

Maka penting untuk pintu gerbang didesain dengan kunci gerbang yang aman seperti kunci grendel. Bahkan, agar lebih aman kunci tersebut ditambahkan gembok yang hanya dibuka dengan kunci.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh bikin shower mandi dari lampu LED bekas ini idenya nggak kepikiran banyak orang

Seperti yang dilakukan oleh seseorang dalam unggahan video berikut ini. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @theaven1802, Rabu (5/6), unggahan video ini membagikan lifehack cara mengunci pintu gerbang agar aman dari maling.

"Tips biar rumah aman," tulis keterangan video.


BACA JUGA :
Nggak perlu beli alatnya, lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan ini idenya berguna buat emak-emak

foto: TikTok/@theaven1802

Dalam video, dibagikan dua tips. Pertama, yang perlu dilakukan adalah selalu kunci pintu gerbang. Kedua, pilihnya gembok berkualitas agar sistem penguncian semakin kuat dan aman.

Pintu pun ditutup dalam keadaan terkunci. Namun, pada momen selanjutnya pintu gerbang ini hendak dibuka dengan cara digeser. Kocaknya, pintu langsung terbuka padahal baru saja dikunci dan gembok belum dibuka sama sekali.

foto: TikTok/@theaven1802

Setelah dilihat ulang, ternyata grendel yang berfungsi mengunci ini tak punya lekukan pengait. Jadi, bisa lolos ketika pintu dibuka dengan cara geser. Padahal kayak begini lho bentuk kunci pagar model geser yang seharusnya.

foto: TikTok/@febriantosompie

Warganet yang melihat ini pun jadi bingung berjamaah. Banyak yang menyebut mereka seketika lupa bentuk kunci grendel yang benar.

"Seketika gue lupa gimana bentuk kunci pintu geser yang bener," tulis pemilik akun @sitiraudoh201.

"Iya ya, kok itu bisa kebuka sih itu gimana caranya woy," kata akun @nyomansw10.

"Harusnya kaya ada huruf L di ujung (gerendel)nya," tulis @xshoth berusaha menjelaskan.

"Lah terus ujung L nya gimana masuk lubang kecilnya?" tulis @nyomansw10 kembali bertanya.

"Biasanya lubang besi gerendelnya tuh bentuknya kotak. Agak lebar," kata akun @williams_m4.

 

RECOMMENDED


(brl/far)

RECOMMENDED