Brilio.net - Sebagai kuli bangunan, modal fisiknya sepertinya tidak cukup. Pasalnya, kuli bangunan yang bertugas langsung mendirikan bangunan ini harus punya soft skill tentang ilmu bangunan.

Selain itu, kuli bangunan juga perlu kreatif dan cerdas dalam mengerjakan tugasnya. Semakin kreatif sang kuli, niscaya bangunan yang berdiri pun semakin estetik.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh bikin kunci pintu rumah dari botol bekas ini kreatif tapi tidak aman dari maling

Tukang bangunan juga harus banyak paham semua variabel dalam ilmu bangunan. Mulai dari paham cara pakai alat, bisa membedakan jenis-jenis bahan bangunan, sampai bisa memastikan adonan semen mana yang bagus untuk mendirikan tembok yang kokoh.

Nah, ngomongin soal mengaduk adonan pasir dan semen, ada cara unik yang dilakukan kuli bangunan satu ini. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @infotekniksipil, Rabu (5/6), sebuah unggahan video memperlihatkan cara unik seorang kuli bangunan ketika membuat adonan semen.


BACA JUGA :
Disangka bakal berguna, lifehack nyeleneh pria perbaiki lensa kacamata yang copot ini ujungnya menipu

foto: Instagram/@infotekniksipil

"Cara mengaduk semen untuk acian. Tukang-tukang harus tahun ini," terang seseorang dibalik video ini.

Jika biasanya adonan ini dibuat dengan diaduk manual, atau bisa diaduk menggunakan mesin molen, dalam video ini semen tersebut hanya direndam dalam ember. Cara, ember penuh dengan semen dimasukkan ke dalam ember yang lebih besar yang berisi air.

foto: Instagram/@infotekniksipil

Ember berisi semen itu direndam dalam beberapa waktu. Tidak disebutkan secara spesifik berapa lama, namun momen selanjutnya di video ini menunjukkan, saat ember semen ini diangkat dari air, kondisinya sudah basah dan kental.

foto: Instagram/@infotekniksipil

"Semennya masukin ember terus direndam. Hasilnya merata nggak gumpal-gumpal," kata pria dalam video melanjutkan.

Ide lifehack tukang bangunan ini pun terbukti ampuh membuat adonan semen yang bagus, tanpa harus repot mengaduk-aduk atau menggunakan mixer. Walhasil, cara ini kemudian menuai banyak sorotan dari warganet. Salah satunya menulis bahwa baru tahu cara nyeleneh ini.

"Baru tahu saya. Makasih lho udah di share min," tulis akun @tioperdana.

"Ilmu paling mantap untuk membuat acian semen," tulis akun @rjglasart.

"Sudah lama saya mengetahui metode itu," @topikbudi_

"Teknik kalo pas kerja borongan, kalo harian ya air dulu baru semen," kata akun @mbos_silanang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ANAK TEKNIK (@infotekniksipil)

(brl/wen)

RECOMMENDED