Brilio.net - Timnas basket putri Indonesia harus menelan pil kekalahan di laga perdana FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 Division A melawan China. Berlaga di Longhua Culture & Sports Center, Shenzhen, China pada Senin (24/6), skuad asuhan Bambang Asdianto ini kalah telak dengan skor 50-109.

China digawangi oleh Zhang Ziyu, pebasket putri berusia 17 tahun, yang berhasil meraih 19 poin, 7 rebound, dan 3 block hanya dalam 13 menit. Alhasil, Timnas Indonesia yang mengawali kuarter pertama dengan skor 24-13 harus tertinggal jauh dengan skor 28-42.

BACA JUGA :
Lulusan cumlaude UGM rela banting setir jadi tukang bersih-bersih, kisah wanita ini bikin salut

foto: Instagram/@nextgenhoops


Meski sempat memberikan perlawanan sengit, Indonesia semakin tertinggal jauh dengan skor 41-76. Permainan Evangeline Clarissa Djohan dkk tidak berkembang setelah China mendominasi baik di dalam paint area maupun di luar. Srikandi Merah Putih pun harus mengakui keunggulan Negeri Tirai Bambu dengan margin 59 poin dan skor akhir 50-109.

BACA JUGA :
Studio foto ini populer di media sosial usai normalkan potret dalam ijazah

Dalam pertandingan ini, Evangeline Clarissa Djohan menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Indonesia dengan 10 poin, disertai 4 rebound dan 3 block. Disusul pemain lainnya, Maxine dan Putu Kezia Angelie Setiawan yang menambahkan sembilan poin. Nantinya, Indonesia akan kembali berlaga pada Selasa (25/6) melawan Jepang dan pada Rabu (26/6) melawan Selandia Baru.

Namun, selain menyoroti skor telak yang didapatkan Indonesia, warganet juga dibuat terperangah dengan sosok, Zhang Ziyu. Pebasket ini mencuri perhatian dengan permainan tangkasnya menjebloskan bola ke dalam ring, meski ditempel ketat oleh para pemain Indonesia.

foto: Instagram/@nextgenhoops

Bukan hanya berkat torehan poinnya memasukkan bola ke ring lawan, postur Zhang Ziyu yang menjulang dibandingkan pemain seusianya membuatnya jadi pusat perhatian sepanjang kompetisi. Diketahui, pebasket yang berposisi sebagai Center ini memiliki tinggi 220 cm. Berkat tingginya tersebut, ia pun mendapat julukan The Next Yao Ming dengan harapan dari masyarakat China Zhang Ziyu bisa mengikuti jejak eks Houston Rockets itu.

foto: Instagram/@nextgenhoops

Tak ayal, sosok Zhang Ziyu pun ramai menuai komentar dari warganet. Pertandingan yang disiarkan FIBA - The Basketball Channel itupun diunggah ulang oleh akun @nextgenhoops. Nggak sedikit yang terperanga dengan tinggi badan Zyang Ziyu yang tampak menjulang diantara yang lain.

"dihadapan beliau musuhnya bagaikan anak kecil," ujar @ariswldn.

"Buset setinggi harapan gue buat Cumlaude," tambah @alnsyrptr_.

"Buset kayak menara tingginya," papar @starheaddhil.

(brl/wen)

RECOMMENDED