Brilio.net - Rumah dilengkapi dengan berbagai fasilitas keamanan. Tidak melulu yang canggih, terpenting rumah dapat ditutup dan dikunci dengan baik. Entah itu bagian pintu rumah maupun pagar yang melindungi halaman rumah. Keamanan rumah ini penting diperhitungkan, karena ketika kamu bepergian dan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong, maka mengunci setiap sudut rumah menjadi penting. Makanya, kunci pintu dan jendela menjadi perhatian khusus.

Kunci pintu ada banyak variasinya, mulai yang bentuknya kunci gagang, kunci tuas, kunci gembok, sampai kunci engsel mati. Semuanya bisa kamu pilih menyesuaikan dengan bujet dan bentuk pintu rumahmu.

BACA JUGA :
Disangka bakal berguna, lifehack nyeleneh pria perbaiki lensa kacamata yang copot ini ujungnya menipu

Nah, diluar tipe kunci pintu diatas, sebenarnya masih banyak lagi jenis kunci pintu. Bahkan beberapa orang yang memiliki tingkat kreativitas tinggi berusaha membuat kuncu pintu sendiri. Tentunya mereka memanfaatkan bahan-bahan sederhana yand ada di lingkungan tempat tinggalnya. Ide ini cukup menakjubkan, namun dari segi keamanan tetap harus dipertanyakan ya.

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @ideatimes, Rabu (5/6) sebuah unggahan video memperlihatkan lifehack nyeleneh kunci pintu rumah yang anti mainstream. Bentuknya bukan seperti kunci tuas, engsel, atau gagang, melainkan kunci pintu rumah ini dibuat dari barang bekas berbahan plastik.


BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh siswa bikin mainan biliar versi low budget, nggak kalah seru dengan aslinya

Lifehack nyeleneh bikin kunci pintu rumah
TikTok/@ideatimes

Yap betul, botol plastik. Kunci pintu ini memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bagian utama untuk mengunci pintu.

Trik nyeleneh buat kunci pintu dari botol bekas

Dalam video tersebut diperlihatkan, si pemilik akun membuat kunci pintu menggunakan kepala botol yang telah dipotong sampai pangkalnya. Sisakan bagian bawah botol membentuk seperti tangkai sebanyak empat helai.

Lifehack nyeleneh bikin kunci pintu rumah
TikTok/@ideatimes

Keempat helai tangkai kepala botol ini kemudian ditancapkan mur di antara kusen pintu dan daun pintu. Setelahnya, buka tutup botol, belah kepala botol menjadi dua, dan pintu pun akan terpisah dari kusen.

Ketika pintu ditutup, kepala botol yang terbelah ini akan menyatu kembali dan bisa kamu tutup dengan tutup botol. Begitulah cara kerja kunci pintu nyeleneh ini. Meskipun kreatif secara ide, banyak warganet menyoroti kalau kunci model seperti itu tidak akan bertahan lama.

Lifehack nyeleneh bikin kunci pintu rumah
TikTok/@ideatimes

Bahkan, ada yang menyebut kunci tutup botol ini tak akan aman dari aksi maling yang berniat menggasak isi rumah tersebut.

"Ide yang bagus, tapi kalau musim kemarau dan musim hujan, pintu suka pindah posisi," tulis akun @kelzarzy_.

"Bakalan kacau sih kalau tutupnya hilang," kata akun @trachor.nz.

"Sekali dobrak maling auto lolos," tulis akun @_noura95.

"Kalau mau duplikat kunci tinggal beli minuman yang satu merk haha," kata akun @laeal73.

 

(brl/ola)

RECOMMENDED