Brilio.net - Kuli memiliki peran sentral soal urusan membangun konstruksi bangunan. Lancar atau tidaknya proses pembangunan, baik atau buruknya kualitas bangunan, ditentukan oleh kinerja kuli.

Nggak cuma itu, kuli yang dibekali berbagai alat canggih, akan lebih efisien dalam bekerja. Berbeda dengan kuli yang masih memakai cara-cara konvensional yang membuat proses membuat konstruksi bangunan bisa lebih lambat.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh bikin kulit gendang dari balon ini kreatif tapi absurd, sobat dangdut auto ambyar

Kalau yang dibangun cuma rumah biasa sih masih aman, tapi apa jadinya jika yang dibangun adalah gedung tinggi? Tentu perlu alat memadai untuk mengangkut berbagai alat bangunan ke lantai atas.

Meski tidak diberikan alat kerja yang memadai, kuli bangunan sering berpikir nyeleneh demi membuat pekerjaannya lebih efisien. Salah satunya adalah lifehack nyeleneh berikut ini.


Dilansir brilio.net dari akun Twitter @Duniakuli, Selasa (4/6), dibagikan unggahan video yang memperlihatkan cara agak lain seorang pekerja bangunan ketika mengangkut bahan bangunan di sebuah proyek pembangunan.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh bikin wifi dari kayu ini bikin provider internet ketar-ketir, ngasal abis

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Dalam video diperlihatkan, seorang kuli membuat katrol sederhana menggunakan tali dan ember. Tujuannya adalah mengangkut batu bata merah ke lantai atas. Diketahui rekannya sesama kuli menunggu di lantai atas untuk menurunkan batu bata yang telah diantar dari bawah tersebut.

Satu yang bikin salah fokus adalah, katrol pengangkut batu bata ini menggunakan tenaga mesin yang nggak biasanya. Bukan pakai mesin diesel ataupun listrik, katrol ini justru menggunakan tenaga motor untuk mengangkatnya sampai lantai atas.

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Tampak dalam video, tali ini tergulung dalam gulungan yang dipasang pada ban belakang sebuah motor matic. Sehingga, ketika mesin motor dinyalakan dan ditarik gas, ban yang berputar akan menarik tali tersebut, katrol jadi bergerak mengangkut batu bata ke lantai atas.

"Revolusi industri di bidang pembangunan," tulis caption unggahan video tersebut.

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Video ini pun jadi viral di media sosial dan diposting ulang oleh akun @unconditionaldesign. Banyak warganet yang menyoroti video ini dengan berbagai respon di kolom komentar.

"Begini kalau kuli nggak di kasih fasilitas sama mandornya. Imajinasinya main. Keren abis," tulis akun @amiaam.

"Pake motor shogun gigi satu, embernya auto naek sampai matahari bang," kata akun @colorhater.

"Kuli jawa nggak kebanyakan fa fi fu, sat set das des semaunya bisa," tulis akun @williammanuel.

"Definisi Beat membangun negeri," kata akun @masihkasar.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)

 

 

(brl/lea)

RECOMMENDED