Brilio.net - Bagi seorang ibu, mengurus anak nggak cuma perkara memberikan asi, makan, dan menjaga mereka sepanjang hari. Sebagai ibu juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan anak dari segi sandang, papan dan kebutuhan lainnya. Bagi yang sudah menikah, kebutuhan anak tentu jadi salah satu pengeluaran bulanan yang jumlahnya nggak sedikit.

Tapi yang belum menikah, tentu belum kebayang dong berapa spend money yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Meski terkesan masih balita, siapa sangka kalau kebutuhan bayi yang meliputi popok, susu formula, tisu, dan kebutuhan lainnya bisa menghabiskan anggaran yang tak kalah besar dari orang dewasa.

BACA JUGA :
Kerja sebagai ojol dan badut, pria gondrong bermuka sangar ini ternyata bukan sosok sembarangan

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu ibu muda yang aktif di TikTok lewat akun @soniaa_ap. Lewat salah satu unggahannya, pemilik akun yang akrab disapa Sonia ini membagikan budget bulananannya untuk belanja kebutuhan sang buah hati yang masih balita.

Dilansir brilio.net melalui akun TikTok @soniaa_ap, Minggu (9/6), ia membuat sebuah unggahan carousel yang berisi gambar dan rincian harga yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan balitanya. Unggahan tersebut dibuatnya sebagai bukti, kalau kebutuhan bayi yang masih balita bisa melebihi Rp 1 juta.


Halah paling (kebutuhan) anaknya habis 1 jt sebulan,” tulis Sonia pada salah satu foto unggahannya.

BACA JUGA :
Kisah tragis wanita di Sulsel tewas dilahap piton sepanjang lima meter, jasad ditemukan dalam perut

foto: TikTok/@soniaa_ap

Pada foto selanjutnya, Sonia mengunggah foto yang memperlihatkan stok camilan untuk anaknya. Siapa sangka, untuk memenuhi kebutuhan camilan tersebut, ia menghabiskan Rp 800 ribu. Budget tersebut ternyata belum termasuk makan sang buah hati.

Nggak cuma itu, Sonia juga mengungkapkan biaya untuk beli diapers yang mencapai Rp 1 juta untuk satu bulan. Jumlah tersebut adalah total sekali belanja. Lewat unggahannya tersebut, Sonia mengaku langsung membeli 7 buah diapers berukuran besar dengan harga satuannya Rp 135 ribu di e-commerce.

foto: TikTok/@soniaa_ap

Itu baru camilan dan diapers, belum termasuk susu untuk menunjang tumbuh kembang anak. Sonia memakai susu formula dari brand Bebelac yang ia beli dengan harga satuannya sekitar Rp 528 ribu untuk berat 3 kg. Dalam sebulan, Sonia biasa membeli 4-5 bungkus susu. Jika dikalikan, Sonia menghabiskan anggaran mencapai Rp 2 jutaan untuk susu dalam sebulan.

Jika dilihat dari rincian harga yang ditampilkan oleh Sonia, bisa dibilang bahwa budget keperluan untuk anaknya ini nggak cukup kalau hanya mengandalkan uang Rp 1 juta. Dalam keterangan captionnya, ia mengaku totak pengeluaran anaknya bisa mencapai Rp 5 juta lebih untuk sebulan.

"Ini pengeluaran anakny 5jt lebih sebulan, anaknya udah segtu apalagi emaknya lebih2 blm sehari2 wkwkwk (emoji ketawa) cuman ngadelin gaji umr mana bisa (emoji menangis). kita puter otak terus tiap bulan whwhhaa," tulisnya.

Banyak yang heran dan bertanya-tanya dengan pengeluarannya, hingga unggahannya ini telah ditonton sebanyak 995,7 ribu kali dan mendapat ribuan komentar dari warganet. Meskipun tak sedikit yang memberi saran dan kurang relate dengan unggahannya, menurut Sonia tergantung kebutuhan masing-masing dilihat dari balasan pada setiap komentar.

Kak bisa ngatur gitu ya aku gabisa 9 jt udh paling minim anak pake s26 gold 1 bulan 12 kaleng belum yang lainnya,” ujar akun @aryodiaa.

Itu susu banyak banget, anaku juga pake bebelac sekarang udah 15bulan cuma 2-3dus karena makannya alhamdulillah doyan. jadi susu berkurang,” kata akun @chipmunk661.

Gue pikir orang kaya beneran cuy,” tulis akun @bertia09.

"HAH EMG IYA SEGINI BANYAK NYA??? brrti anakku irit bgt, susu langsung dri pusatnya, pmpers 1ball sebulan,” komentar akun @g2collection.

Cemilan anak mending bikin sendiri bund," tanggapan akun @finafaulina.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED