Brilio.net - "Jangan menilai buku dari sampulnya" adalah frasa yang sering beredar dalam percakapan sehari-hari. Secara arti, kalimat kiasan tersebut dimaksudkan agar jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja. Barangkali ketika ditelusuri lebih jauh, orang itu merupakan sosok yang tidak terduga.

Persis seperti pada pria dalam sebuah video Instagram yang diposting oleh akun @polisi_indonesia. Tampak seorang pria yang berprofesi sebagai driver ojek online. Dalam beberapa waktu dia juga mengambil kerja sampingan menjadi badut. Namun, siapa sangka bahwa orang tersebut merupakan salah satu personel Kepolisian Republik Indonesia.

BACA JUGA :
Kisah 5 seleb dapat perilaku kurang baik di awal karier, Aurelie Moeremans ngaku disemprot obat nyamuk

Dalam video tersebut terlihat, pria berambut gondrong itu memakai jaket ojol berwarna hijau. Sama seperti ojol kebanyakan, dia juga mengambil orderan dari pelanggan. Kadang-ladang juda nongkrong sambil menunggu seseorang memesan jasanya.


ojol dan badut jadi intel
Instagram/@polisi_indonesia

BACA JUGA :
Sempat tolak pekerjaan di kapal pesiar, pria ini justru sukses jualan mi biangbiang otentik ala Cina

Selain berprofesi sebagai ojol, pria tersebut juga kadang menjadi badut. Dia kerap joget-joget dan menghibur orang sekitar dengan kostum badut doraemonnya.

Usut punya usut, pria tersebut bernama Ericho Ardian. Dibalik profesinya sebagai driver ojek online dan badut, ternyata dia berperan penting dalam menindak kasus kriminal. Dilansir dari merdeka.com menurut informssi, pria tersebut merupakan anggota unit buru sergap (buser) dari Polsek Garung, Polsek Wonosobo.

Unit buser merupakan salah satu dari anggota polisi yang membantu Kanit (Kepala Unit) melakukan penyelidikan. Selain itu, tim satuan Ericho juga turun langsung melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para pelaku kejahatan.

ojol dan badut jadi intel
Instagram/@polisi_indonesia

Tentu, dalam melakukan penangkapan tidak serta merta langsung menciduk pelaku kejahatan tersebut. Pihak kepolisian biasanya memiliki berbagai strategi agar targetnya tidak bisa kabur. Salah satunya lewat Ericho yang memiliki tugas menyamar agar bisa mengamati pergerakan penjahat.

"Diam melihat-lihat bergerak menangkap penjahat," tulisnya.

ojol dan badut jadi intel
Instagram/@polisi_indonesia

Setelah diposting, penyamaran tersebut langsung menuai perhatian netizen. Banyak yang mengatakan mengapa penyamaran dari polisi tersebut justru dibongkar. Itu malah membuat orang tahu bahwa Ericho hanya sedang menyamar.

"Kok malah dibongkar penyamarannya," kata akun @yon_bintang

"Kira-kira ada nggak ya yang pernah jadi ODGJ?" tanya akun @ayudhadwi.

"Gimana nih katanya tugas undercover. Kok malah diviralkan? Kan penjahatnya jadi udah pada ngenalin nantinya. Enggak ngerti deh konsepnya," tulis @vivie_samsi

"Wah curiga aku sekarang dengan yang joget-joget di lampu merah itu. Apalagi grab yang gondrong," komentar @audrie_na

"Gondrong bukan sembarang gondrong, karena nggak nyopet," pungkas @bangtatag_fg.

foto: Instagram/@polisi_indonesia

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @polisi_indonesia sudah menghimpun 141,646 penonton. Selain itu terdapat juga ribuan akun yang memberi like dan ratusan komentar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Presisi (@polisi_indonesia)

 

 

(brl/ola)

RECOMMENDED