Brilio.net - Menabung merupakan hal yang penting karena membantu individu mencapai stabilitas finansial dan keamanan masa depan. Dengan menabung, seseorang bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan darurat yang tak terduga.

Namun ternyata tidak semua orang bisa melakukan itu. Sebab terkadang gaji mereka habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Persis seperti orang ini, ia membagikan perjuangannya sampai bisa menabung lewat sosial media X dengan akun @tanyarlfess.

BACA JUGA :
Ngenesnya generasi sandwich jadi tulang punggung keluarga, kini mengaku ingin hidup lebih egois

Orang tersebut mempublikasi nominal tabungannya saat ini. Bukan karena ada maksud lain, ia hanya ingin mengucapkan rasa syukur. Sebab ternyata tabungan itu baru bisa didapatkan setelah melalui berbagai perjalanan terjal.

Ia mengaku bahwa sudah selama 11 tahun bekerja menjadi karyawan. Namun selama itu ia mengaku tak bisa menabung. Bukan tanpa sebab, karena keadaan kondisi ekonomi keluarga ia diminta untuk menjadi tulang punggung.


Segala kebutuhan dibayar lewat gajinya. Baik itu sekolah adek, hutang orang tua dan juga biaya kuliahnya sendiri. Apa yang dilakukannya ini sering disebut dengan generasi sandwich.

BACA JUGA :
Jadi sandwich generation usai lulus kuliah, begini cara wanita ini lunasi utang keluarga Rp 40 juta

foto: freepik.com

Barulah di usia 31 tahun ia bisa merealisasikan niat untuk menabung. Dalam postingan tersebut ia menampilkan jumlah tabungannya yang sudah Rp 8.660.972. Ia menyadari betul bahwa angka tersebut termasuk kecil, apalagi sudah 11 tahun bekerja.

Namun ia tidak mempersoalkan nominal tersebut. Baginya bisa menabung dengan kondisi ekonomi keluarga yang memprihatinkan saja sudah bagus. Makanya ia cukup bahagia dengan tabungannya itu.

"Bukan mau pamer. Mau bersyukur. setelah nyari 11 tahun lebih jadi sandwich gen. Nyekolahin adek, bayar hutang ortu, kuliah pakai duit sendiri dan lunasin ini itu. Akhirnya di umur 31 baru bisa punya tabungan walaupun jumlahnya cuma segini. Tapi aku bahagia ya," tertulis di postingan tersebut

foto: X/@tanyarlfess

Postingan tersebut menuai ragam reaksi dari netizen. Banyak yang mengucapkan selamat untuknya karena memang itu adalah sebuah pencapaian bagus. Warganet mendoakan agar ia menjalani kehidupan dengan berkah.

"Tabunganmu lebih besar di akhirat nanti bung," tulis @myusuo.sr

"Nggak mudah lho jadi sandwich generation. Salam hormat untuk kalian yang dipilih tuhan untuk menghidupi orang tua dan adik-adik kalian," banyu_biru1819.

"Wuih keren, jangan lupa sisihkan juga untuk investasi leher ke atas," kata akun @temanenglish

"Memang kebahagiaan seseorang itu berbeda-beda, maka hargailah setiap ekspresi seseorang," komentar akun @krsmsrio.

"Itu namanya definisi bersyukur. Karena sesungguhnya nikmat yang Allah berikan itu berapapun angkanya atau apapun yang Allah kasih. Kalau kita mensyukuri nikmat itulah hasil dari rasa syukur," pungkas @nuub_masterboy.

 

(brl/lea)

RECOMMENDED