Brilio.net - Kamar tidur salah satu area privasi yang penting untuk setiap penghuni rumah. Menurut ilmu feng shui, kamar area yang sang penting untuk diatur agar menjadi penyeimbang dalam hidup seseorang.

Ilmu feng shui berasal dari filosofi Tiongkok kuno yang mengatur tentang bagaimana seseorang hidup termasuk pada area ruangan yang sebisa mungkin ditata secara seimbang, damai, serta membawa harmoni pada setiap sudut rumah.

BACA JUGA :
8 Cara menata ruang tamu ala feng shui, alirkan energi positif dalam rumah

Ilmu ini percaya, ketika ruangan yang ditata dengan baik, mampu mengelola energi sekaligus memanfaatkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk menata kamar tidur sebab disinilah kamu menghabiskan waktu yang lama.

Nggak hanya itu, ketika kamar tidur ditata menurut feng shui dipercaya mendatangkan rezeki sekaligus bikin tidur lebih nyenyak. Nah, tanpa menunggu lama lagi berikut cara menata kamar tidur menurut feng shui, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/6).


Cara menata kamar tidur menurut feng shui.

BACA JUGA :
7 Cara menata taman rumah ala feng shui, menarik keberuntungan melalui tata letak yang tepat

Cara menata kamar tidur menurut feng shui
freepik.com

1. Jangan letakkan kasur sejajar dengan pintu masuk.

Sebaiknya hindari meletakkan kasur sejajar dengan pintu masuk sebab posisi ini disebut peti mati, yakni posisi yang dianggap kurang baik karena dapat membuat kaki atau kepala sakit.

Selain itu, tidak menempatkan kasur menghadap pintu kamar mandi. Atau menjadikan dinding toilet sebagai sandaran. Bila space kamar tidak terlalu luas dan terpaksa harus menempatkan depan pintu maka bisa menambah cermin supaya bisa membuang energi negatif yang datang.

Lebih jauh dalam ilmu feng shui, sebaiknya menempatkan kasur posisi tengah yang tidak terlalu dekat dibawah jendela maupun depan pintu masuk. Bila diletakkan bawah jendela bisa memberikan energi negatif, seperti suara berisik, cahaya matahari maupun gangguan serangga yang datang dari jendela.

2. Penempatan tirai.

Umumnya tirai atau gorden difungsikan untuk memblokir cahaya ketika kamu sedang tidur. Upaya untuk menutup seluruh jendela supaya memberikan kesan penyangga yang kuat serta stabil di belakang tempat tidur.

Selain itu, pilihlah tirai anti tembus pandang atau daun jendela. Tujuannya mencegah dari cahaya yang mengganggu saat tidur atau serangga yang masuk.

Cara menata kamar tidur menurut feng shui
freepik.com

3. Pilih penyimpanan yang baik untuk mencegah kamar tidur berantakan.

Supaya menghindari kamar yang berantakan, kamar berantakan kerap menghadirkan energi negatif dalam kamar. Oleh karena itu, pilihlah lemari penyimpanan yang memuat banyak sekaligus tidak membuat kamar sempit. Ketika kamar di tata dengan baik tidak hanya bikin nyaman untuk tidur, tetapi dipercaya mencegah dari hal-hal negatif.

Ingat, pastikan ruangan tidur terbebas dari sampah sebab sampah yang menumpuk dan tidak bersih memicu bau yang tidak sedap selain itu menolak energi positif yang mungkin saja masuk.

4. Jangan menumpuk barang di tempat tidur.

Kamar tidur yang banyak barang seringkali bikin tidak nyaman. Sekaligus mengganggu nuansa estetika pada kamar. Nggak cuma itu, sebaiknya tidak menggantung cermin atau karya seni diatas kepala tempat tidur pasalnya dapat menimbulkan perasaan tidak aman yang dapat bermanifestasi sebagai sakit kepala, migrain, nyeri leher atau bahkan punggung.

Cara menata kamar tidur menurut feng shui
freepik.com

5. Mengatur keseimbangan isi kamar.

Sebaiknya menata kamar tidur dengan seimbang. Misalnya menata meja nakas di kedua sisi tempat tidur. Tidur tanpa sandaran kepala tempat tidur yang kokoh dapat membuat hubungan tidak stabil. Selain itu, ketika menempatkan tumpukan buku disamping tempat tidur juga memicu berkurangnya koneksi antar pasangan.

Ketika keseimbangan dalam kamar dapat memberikan rasa persatuan. Lebih jauh, dapat mengingatkan pasangan untuk saling jatuh cinta. Kamar yang ditata dengan seimbang seperti pilihan warna cerah lalu kurang barang bisa menghadirkan perasaan yang lebih positif sehingga rezeki terus mengalir.

6. Sebaiknya gunakan warna alam atau bumi.

Warna alami untuk kamar seperti warna putih, peach, kream, terakota, atau kuning pucat sangat cocok digunakan untuk kamar tidur. Sebaliknya hindari warna gelap yang mengandung unsur seperti biru, hitam, atau hijau sebab karena bisa menghilangkan berkat yang membuat kamu merasa lesu dan letih sepanjang hari. Terlebih ketika berada di dalam kamar.

Warna cerah ini bisa kamu gunakan pada dinding, perabotan, atau dekorasi kamar. Usaha meminimalkan barang supaya kamar terasa luas dan rapi. Jika banyak barang usahakan ditata dengan baik.

Cara menata kamar tidur menurut feng shui
freepik.com

7. Hindari sudut tajam pada kamar tidur.

Nah, supaya kamar tidur memberikan kenyamanan sekaligus bikin cuan maka sebaiknya hindari furniture yang punya garis lengkung atau bersudut. Perabotan yang memiliki sudut tajam dianggap sebagai panah beracun yang bisa mengarahkan pada energi positif menjauh dari para penghuni rumah.

8. Hindari space di bawah tempat tidur.

Terakhirnya, hindari tempat tidur beri space atau rak tambahan di bawah kasur. Cara ini biasanya dimanfaatkan untuk penyimpanan barang-barang. Padahal, hal itu justru dianggap kurang baik menurut feng shui. Pasalnya udara yang seharusnya bisa bersirkulasi di sekitar tempat tidur, tetapi kehadiran laci atau space di bawah tempat tidur justru membuat para penghuninya menghambat menerima energi positif.

 

(brl/ola)

RECOMMENDED