Brilio.net - Menurut National Geographic, feng shui merupakan ilmu yang berasal dari China kuno. Ilmu ini dimanfaatkan menata bangunan, benda, ruangan suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan serta keseimbangan yang membawa kedamaian maupun kemakmuran hidup.

Bagi orang Tionghoa, feng shui memberikan energi tersendiri yang memberikan dampak positif dalam kehidupan para penghuninya. Nah, kata feng shui sendiri dibagi dalam dua asal kata yakni feng artinya angin atau arah sedangkan shui artinya air.

BACA JUGA :
12 Tips Feng Shui menata rumah agar penuh keberuntungan di 2019

Ilmu ini digunakan masyarakat Tionghoa untuk mengatur aliran energi yin dan yang atau qi yang dipercaya memberikan keseimbangan antara energi positif dan negatif. Lantas bagaimana cara menata taman rumah ala feng shui ini?

Yuk simak ulasan lengkap cara menata taman rumah ala feng shui, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (10/6).


Cara menata taman rumah ala feng shui.

BACA JUGA :
10 Benda di dalam rumah ini ternyata bisa bikin kamu bad mood

foto: freepik.com

1. Sebaiknya gunakan elemen feng shui di taman rumah.

Di taman rumah sebaiknya menambah seluruh elemen feng shui yakni elemen kayu, elemen api, elemen tanah, dan elemen air. Pada elemen kayu kamu bisa menanam pohon rindang; elemen api dengan mengatur supaya tanaman terkena cahaya matahari dengan baik; elemen tanah yakni menambah bantuan kecil atau keramik di taman; selanjutnya ditambah bunga putih untuk elemen logam; serta elemen air yakni air mancur kecil pada taman.

2. Tambahkan jalan setapak.

Jika taman luas, buatlah sedikit jalan setapak dengan bentuk melengkung. Pada ilmu feng shui percaya bahwa roh jahat biasanya berjalan lurus sehingga untuk mengusir roh jahat harus membuat jalan berkelok-kelok.

3. Pastikan cabang pohon tidak menyentuh rumah.

Apabila taman yang kamu punya cukup besar dan rindang sebaiknya ranting pohon tidak menyentuh atap atau jendela rumah kamu. Dalam ilmu feng shui menata taman rumah, seperti memotong ranting ini akan membuat cahaya matahari lebih mudah masuk. Jika cahaya matahari sulit masuk ke rumah karena rating pohon dipercaya dapat mengurangi energi positif yang masuk ke rumah.

4. Hindari tanaman dalam jumlah genap.

Salah satu tips yang penting dalam menata taman rumah ala feng shui yakni berkaitan dengan tanaman. Nah, kalau kamu menanam tanaman sebaiknya hindari mengelompokkan tanaman tersebut dalam jumlah genap. Kamu bisa mengelompokkan tanaman satu kelompok dengan tiga atau lima jenis tanaman.

5. Tata tanaman hias yang membawa hoki.

Tanaman hias dengan warna yang cerah bisa memberikan energi positif dalam rumah. Warna cerah selalu membawa keberuntungan pada penghuninya. Contohnya tanaman anggrek, krisan, lotus,magnolia putih, dan sebagainya.

6. Pakai kursi kayu.

Sebaiknya pakai kursi kayu di taman, pasalnya kursi kayu berkaitan dengan elemen kayu yang dipercaya dapat memberikan kesuburan dan kekayaan pada penghuninya.

7. Tambahkan lampu hias.

Supaya taman kamu tidak terlihat suram di malam hari, sebaiknya beri ornamen lampu hias. Cahaya dipercaya sebagai unsur positif dalam penataan rumah. Energi ini diyakini membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Manfaat menerapkan feng shui dalam menata rumah.

foto: freepik.com

1. Dipercaya tingkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Feng Shui dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dengan memperbaiki aliran energi (chi) di rumah. Penataan yang baik dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan rasa tenang pada penghuninya.

2. Memicu keharmonisan dalam keluarga.

Ilmu feng shui percaya bahwa penataan yang sesuai elemen bisa menciptakan aliran energi yang seimbang dan harmonis sehingga membantu mengurangi konflik antar anggota keluarga.

3. Bikin lebih produktif dan kreatif.

Penempatan elemen-elemen tertentu dapat merangsang energi positif yang mendukung aktivitas intelektual dan profesional. Nggak heran bila prinsip feng shui dapat meningkatkan fokus, produktivitas, dan kreativitas

4. Membawa keberuntungan.

Feng Shui dipercaya dapat mempengaruhi aspek kehidupan seperti karier, keuangan, dan peluang tertentu. Jadi, dengan menata rumah sesuai dengan prinsip ini, energi positif yang datang bisa mendukung keberuntungan bagi si pemilik rumah.

5. Bisa membantu kualitas tidur yang lebih baik.

Ilmu feng shui menata seluruh aspek dalam ruangan termasuk kamar. Menata kamar tidur dengan Feng Shui dapat menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman, sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

6. Lahirkan energi lebih positif (Chi).

Feng Shui bertujuan untuk meningkatkan aliran energi positif di dalam rumah. Dengan mengatur tata letak furnitur, warna, maupun dekorasi sesuai dengan prinsip Feng Shui. Pasalnya rumah dapat menjadi tempat yang lebih energik dan penuh vitalitas.

Elemen penting dalam ilmu feng shui.

foto: freepik.com

1. Kayu (wood) yaitu elemen kayu melambangkan pertumbuhan, kreativitas, dan ekspansi.

2. Api (fire) merupakan elemen api melambangkan energi, gairah, dan transformasi. Warna yang terkait dengan elemen api adalah merah, oranye, ungu, pink, dan kuning terang.

3. Selanjutnya ada elemen tanah (earth) yang melambangkan stabilitas, handal, dan praktis dalam hidup.

4. logam (metal) artinya elemen yang menggambarkan kejelasan dan efisiensi dalam hidup.

5. Terakhir, ada elemen air (water) yang menggambarkan ketenangan, refleksi, dan kelancaran.



 

(brl/far)

RECOMMENDED