Brilio.net - Setiap orang pasti ingin punya hunian yang indah dan estetik. Termasuk di area ruang tamu, bagi masyarakat Tionghoa ruang tamu tidak sekadar tempat biasa namun dipercaya mendatangkan berbagai hal-hal baik.

Menurut ilmu feng shui, ruang tamu bisa memberikan energi positif apabila ditata dengan baik. Ruang tamu dipercaya sebagai penopang penting sebab bisa menarik orang untuk masuk. Selain itu, ruang tamu juga menjadi elemen pertama ketika orang melihat rumah sehingga perlu ditata dengan baik.

BACA JUGA :
Desain rumah dirancang sendiri, 9 potret ruang tamu Rieke Diah Pitaloka interiornya kental etnik Jawa

Selanjutnya, dalam ilmu feng shui ruang tamu memberikan pancaran energi positif setiap rumah. Nggak cuma itu, melansir dari House Beautiful, ruang tamu yang ditata menurut feng shui bisa menekankan pada perasaan rileks, nyaman, dan damai dalam kehidupan. Nah, buat kamu yang ingin menata ruang tamu ala feng shui, yuk simak ulasan di bawah ini!

Berikut 8 cara menata ruang tamu ala feng shui, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (12/6).


Cara menata ruang tamu ala feng shui.

BACA JUGA :
Luas rumahnya 750 meter persegi, 11 potret ruang tamu Umi Pipik dengan foyer bak lobi hotel

foto: freepik.com

1. Tidak menghalangi pintu atau jendela dengan furnitur.

Ruang tamu jadi salah satu ruang publik yang menjadi tempat orang berkumpul sehingga harus menciptakan ruangan yang nyaman. Ruang tamu juga sering dikaitkan sebagai sirkulasi energi yang masuk.

Tempat duduk atau sofa sebaiknya ditata tidak menghalangi pintu sebab bisa mendorong aliran energi positif yang masuk ke rumah. Sebisa mungkin hindari furnitur atau jendela yang menghalangi pintu.

Selain itu, penting untuk menata ruang tamu dengan minim perabotan agar ada cukup ruang untuk bergerak dengan nyaman. Tak kalah penting, tidak menata sofa menghadap TV sebab bisa menghalangi keluarga untuk berdiskusi. Sebaiknya posisikan kursi saling menghadap supaya para tamu dan penghuninya fokus untuk mengobrol.

2. Gabungkan elemen feng shui.

Elemen feng shui terdiri dari tanah, logam, kayu, dan air. Supaya menciptakan ruangan yang seimbang perlu menata area ruang tamu dengan kelima eleman tersebut.

Nggak perlu banyak elemen, kamu cukup membuat ruang tamu dengan warna yang cerah, furnitur dari kayu atau penggunaan warna-warna yang menyesuaikan dengan elemen tersebut.

Ketika elemen tersebut dipadukan bisa memberikan energi positif yang memberikan kesan penyembuhan maupun pertumbuhan ke arah yang lebih baik.

foto: freepik.com

3. Sebaiknya gunakan warna yang bangkitkan semangat.

Warna yang membangkitkan semangat dalam ilmu feng shui bisa meliputi warna biru, hijau, dan teal. Tujuannya untuk memberikan kesan menyegarkan pada ruangan. Warna-warna ini juga menunjukkan kreativitas, percakapan yang berjalan lancar, hingga simbol interaksi dua arah yang begitu positif.

4. Optimalkan pencahayaan di ruang tamu.

Cahaya di ruang tamu bisa kamu peroleh dari alam maupun pencahayaan dari lampu. Pada pagi hari, kamu bisa membuka pintu dan jendela di ruang tamu minimal selama 30 menit.

Melalui pencahayaan yang baik bisa menarik energi positif dalam rumah. Selain itu, sirkulasi udara yang baik dipercaya memiliki sifat positif yang penuh dengan chi sehingga bisa mendatangkan rezeki.

Sebaliknya, jika malam tiba sebaiknya tutup pintu dan jendela sebab udara malam sering kali mendatangkan sifat yin atau negatif. Jadi, ketika malam kamu bisa manfaatkan lampu rumah.

foto: freepik.com

5. Tambahkan dekorasi patung dan guci.

Pada ilmu feng shui patung maupun guci dipercaya mendatangkan kemakmuran. Oleh sebab itu, kamu bisa menambahkan dua barang tersebut di ruang tamu. Gunakan guci bentuk 8 yang memiliki makna harapan akan datangnya rezeki.

Untuk patung, bisa menggunakan hiasan batu kristal yang dipercaya menghalangi energi negatif. Opsi lain ada juga hiasan pohon jeruk untuk menggambarkan kebaikan dan kemakmuran dalam hidup.

6. Gunakan sisi emas ruang tamu.

Nah, di area ini ruang tamu ternyata memiliki sisi emas yakni berada di sebelah pintu masuk secara diagonal. Berarti bila pintu masuk di kanan maka sisi emasnya berada di seberang kiri. Jika pintu ada di tengah maka sisi emas berada di sisi kanan maupun di kiri dinding yang berseberangan dengan pintu.

Kamu bisa memasang hiasan lukisan seperti kuda lari, bangau, pemandangan alam, atau 9 ikan koi maupun aksesori naga yang dipercaya dapat menghadirkan energi positif sekaligus ada unsur kemakmuran, keberuntungan, dan harapan.

foto: freepik.com

7. Carilah furnitur yang bikin nyaman.

Jangan asal pilih furnitur untuk rumah, kamu bisa cari furnitur yang estetik sekaligus bikin nyaman. Misalnya, pilihlah sofa empuk maupun kursi kayu yang dipercaya membantu menghadirkan energi chi. Tujuannya tidak lain untuk menghadirkan keberuntungan.

8. Pasang cermin.

Bila memungkinkan kamu bisa menata cermin di area ruang tamu. Dekorasi seindah mungkin, lalu optimalkan cermin berada di sudut ruang tamu. Namun jangan sampai menghalangi pintu masuk, sebab bisa menghambat energi positif yang masuk ke rumah.

Menempatkan cermin di area ruang tamu juga berdampak baik bagi para penghuni rumah. Pasalnya, cermin dipercaya menghadang energi negatif bahkan mengusir energi buruk yang mungkin berada di rumah.

 

(brl/jad)

RECOMMENDED