Brilio.net - Indonesia melaju ke ronde 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia atas kemenangan melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Selasa malam (11/6). Tim asuhan Shin Tae-Young itu tampil dominan dari babak pertama hingga di penghujung pertandingan. Sehingga, Indonesia memperoleh hasil akhir dengan skor 2 gol tanpa balas.

Hasil pertandingan tersebut membuat Indonesia berhak lolos dengan status runner-up Grup F dengan menuai 10 poin. Sementara teman satu grupnya Irak, lolos dengan angka sempurna dengan meraih 18 poin yang membuat kokoh sebagai juara grup. Diketahui, Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang melaju ke babak selanjutnya.

BACA JUGA :
Kelakuan fans Timnas fomo yang nekad mau peluk Justin Hubner, tindakannya bikin geram

foto: Instagram/@fifaworldcup


Selain Indonesia terdapat 18 tim yang juga lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala dunia 2026. Tim Garuda harus melewati perjalanan yang lebih terjal untuk bisa berangkat ke turnamen yang akan digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko tersebut.

BACA JUGA :
Kalah 2-0 melawan Irak, Indonesia masih punya asa lolos putaran ke-3 kualifikasi piala dunia 2026

Dari 18 tim yang berhasil lolos akan dibagi kembali menjadi tiga grup. Masing-masing grup terdiri dari 6 tim. Di sini, Indonesia bisa saja bertemu raksasa Asia seperti Arab Saudi, China, Korea Selatan, Jepang dan Qatar. Tim di dalam grup tersebut akan bermain melawan satu sama lain dengan basis kandang-tandang.

Dua tim peringkat teratas masing-masing grup berhak lolos secara otomatis ke Piala Dunia 2026. Sementara 6 tim di peringkat ketiga dan keempat masih punya asa dengan diadu di babak ke-empat. Mereka akan kembali dibagi dalam dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Mereka akan bertanding di tempat yang netral.

foto: Instagram/@timnasindonesia

Peringkat 1 di setiap grup berhak memperoleh tiket ke Piala Dunia 2026, semenara peringkat kedua ataupun runner-up masih mempunyai kesempatan dan maju ke babak kelima. Di babak kelima nanti mereka diadu dengan pertandingan play off dan untuk menentukan perwakilan asia di play off antar konfederasi. Format pertandingan pertandingan nantinya akan ditentukan sendiri oleh FIFA.

Undian pembagian grup ronde ketiga akan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6) mendatang. Sementara pertandingannya akan dilaksanakan September 2024 hingga Juni 2025. Indonesia akan sedikit dirugikan karena berada di pot 6.

foto: Instagram/@erickthohir

Berikut 18 tim peserta putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beserta pembagian potnya

Pot 1 : Jepang, Iran, Korea Selatan
Pot 2 : Australia, Qatar, Irak
Pot 3 : Arab Saudi, Uzbekistan, Yordania
Pot 4 : Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain
Pot 5 : China Palestina, Kirgizstan
Pot 6 : Indonesia, Kuwait, Korea Utara

 

(brl/lea)

RECOMMENDED