Brilio.net - Meski tidak memperoleh gelar juara, namun pencapaian Timnas akhir-akhir ini mengalami perbaikan. Tim asuhan Shin Tae-Young itu tidak hanya bermain di panggung Asia Tenggara, tetapi juga mampu unjuk gigi di level asia. Karena itu, banyak fans-fans yang sebelumnya tidak mengikuti perkembangan timnas akhir-akhir ini jadi turut mengamati.

Selain itu, kedatangan pemain-pemain diaspora juga jadi sesuatu yang menarik. Di samping skill bermainnya yang ciamik, banyak fans yang mengagumi pemain timnas karena penampilan fisik. Pemain berdarah campuran tersebut dianggap dapat menyegarkan mata secara visual.

BACA JUGA :
Kalah 2-0 melawan Irak, Indonesia masih punya asa lolos putaran ke-3 kualifikasi piala dunia 2026

Para pemain blasteran ini secara tidak langsung membuat banyak fans nggak cuma "memperhatikan" pemain di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan. Misalnya stalking akun media sosial para pemain. Bahkan secara ekstrem, beberapa fans sampai melakukan sentuhan fisik kepada pemain timnas. Salah satunya dilakukan fans wanita yang terekam dalam postingan video TikTok @luazznya, Minggu (9/6).


Aksi fans wanita pegang paksa tangan Justin Hubner
© 2024 TikTok/@luazznya

BACA JUGA :
Momen pemain naturalisasi Timnas berendam air es sambil nyanyi Indonesia Raya ini bikin salut

Brilio.net menyadur dari akun tersebut, akun TikTok @luazznya mengkritisi aksi fans yang dianggapnya kurang pantas. Dalam video terdapat fans perempuan, yang tampak memakai baju putih, secara paksa memegang tangan Justin Hubner.

"Mbak kamu kenapa? minta foto masih wajar tapi jangan sampai maksa dan narik-narik pemain meskipun pemainnya nggak ada ngomong kalau mereka nggak nyaman," tulis akun tersebut.

Aksi fans wanita pegang paksa tangan Justin Hubner
© 2024 TikTok/@mamayofootball

Selain akun tersebut, sejatinya banyak yang mengingatkan untuk menjaga privasi para pemain. Sebab mereka juga punya kehidupan yang tak perlu diekspos, sehingga seyogyanya para fans ini bersikap sewajarnya saja.

"Hargai privasi mereka dan setiap orang punya boundaries masing-masing. Sewajarnya aja ya kalau mau foto dan tanda tangan. Sedih kalau lihat kayak gini," lanjutnya.

Banyak netizen yang mengatakan bahwa itu hanyalah fans yang fomo atau ikut-ikutan. Mereka sejatinya tak mencintai sepakbola, namun cenderung mengagumi pemain secara personal.

Tak cuma itu, diketahui, ada yang sampai mengikuti pemain ketika latihan di gym hotel. Pemain juga sempat diganggu ketika di restoran dan hendak menyantap makanan. Hingga yang paling parah adalah, membuat video Thom Haye di depan toilet.

"baru tadi juga ada yang nonton training di madya ngevidioin Thom Haye di depan toilet? kalian tolong sadar dong bedain antara privasi dan hal yang umum buat publik," tulisnya dalam keterangan postingan.

Miris dan sangat disayangkan, ungkapan inilah yang paling banyak ditemukan di kolom komentar. Banyak yang tentunya tidak sepakat dengan kelakuan para fans tersebut.

Aksi fans wanita pegang paksa tangan Justin Hubner
© 2024 TikTok/@mamayofootball

"Kalau gini, kasihan sama cewek-cewek yang beneran suka timnas dari masa kegelapan. Takut dianggap sama aja," kata akun @ranggita.

"The real bukan suka sama sepak bola cuma suka playernya doang," tulis akun @taufikmaulaan95_

"Aku malu ngeliatnya. Semoga atlet-atlet kita tetap aman dan nyaman," tulis @xcx576

"Kayak gini kalau dibilang fomo pasti pada nggak terima. Terus dengan kata-kata andalannya suka-suka gue dong. Duit-duit gue, yang bilang fomo pasti nggak ada duit," komentar akun @asal aja.

(brl/red)

RECOMMENDED