Brilio.net - Udara panas memang bikin kesal dan nggak tahan. Mendinginkan badan adalah jalan ninja satu-satunya. Paling enak sih memang pakai AC, biar udara dinginnya menyebar ke seluruh ruangan. Tapi kalau cuma ada kipas angin, harus bagaimana dong?

Nggak usah bersedih, apalagi sambil duduk di depan kulkas yang terbuka. Buat kaum menengah yang 'ngoyo' pengin punya AC, tapi bujet pas-pasan. Bisa kok bikin kipas angin di rumah sedingin AC. Bukan sekadar disemprot pakai air, ternyata ada lagi cara yang lebih 'niat', lho.

BACA JUGA :
Cuaca lagi panas-panasnya, begini trik bikin kipas angin sedingin AC andalkan bantuan 1 sampah dapur

Salah satu caranya terekam pada unggahan video berikut ini. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @unconditionaldesign, Rabu (5/6), akun ini membagikan video penampakan air cooler alias kipas angin dingin dengan desain yang bikin kamu angkat topi.

Menariknya, kipas angin yang desain awalnya sangat biasa ini bisa disulap seperti alat canggih dari masa depan. Jadi, kipas ini menggunakan bantuan es batu untuk menciptakan angin yang lebih sejuk.


BACA JUGA :
Tanpa larutan baking soda, ini trik bersihkan kipas angin tanpa dibongkar cukup tambah 1 bahan dapur

lifehack nyeleneh membuat kipas angin dingin
Instagram/@unconditionaldesign

Namun, es batu tidak langsung ditaruh di belakang baling-baling kipas. Melainkan disimpan dalam box besar, kemudian kipas dipasangkan semacam selang untuk menyedot udara dingin dari box tersebut.

Terdapat empat selang yang menjadi komponen utama kipas angin dingin. Dua selang pertama dipasang di bagian depan kipas. Dua selang lagi di pasang di bagian belakang.

lifehack nyeleneh membuat kipas angin dingin
Instagram/@unconditionaldesign

Cara kerjanya, selang depan yang ujungnya diberi gelas plastik, berfungsi menyalurkan angin ke dalam box es. Hembusan angin yang masuk kedalam termos ini akan dikonversi menjadi udara dingin, lalu akan disedot lagi oleh dua selang lainnya yang terpasang di belakang cangkang kipas.

Sistem hembus, konversi, dan sedot ulang, ini pun yang dipercaya akan menghasilkan angin yang lebih dingin bak AC. Dalam video diperlihatkan kipas tampaknya berfungsi dengan baik dilihat dari seseorang di depan kipas yang tertidur pulas karena sejuk.

lifehack nyeleneh membuat kipas angin dingin
Instagram/@unconditionaldesign

Video ini mendapat komentar dari banyak warganet. Banyak yang menyebut kalau desain kipas pendingin ini terlalu effort, namun hasilnya cukup maksimal. Ada juga yang menyebut penampakannya seperti alat canggih dari masa depan. Ada pula yang memperingatkan bahaya paru-paru basah akibat alat nyeleneh tersebut.

"Bisa ditiru, asal mau effort aja sih," kata akun @adistyawuri.

"Untuk sebuah kipas angin es batu, ini terlalu effort sih," tulis akun @antvst_.

"Sulit dimengerti. Kipas model gini bikin sejuk sampai ke paru-paru bro," kata akun @im_kinx.

"Kayak alat dari masa depan bro. Doraemon pun bingung lihat ini," kata akun @zikriaredumas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)

(brl/red)

RECOMMENDED