Brilio.net - Di zaman modern, mencuci kini menjadi jadi lebih praktis dengan bantuan mesin cuci. Dengan bantuan daya listrik, energi tersebut akan membuat pulsator bergerak memutar menciptakan pusaran air.

Pakaian yang dimasukkan berikut sabun cuci pun ikut bergerak dan proses mengucek dengan tangan digantikan oleh kecanggihan mesin. Kamu jadi menghemat waktu dan tenaga. Sementara mesin cuci 'mengucek' pakaianmu, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti memasak, beberes kamar, atau sekadar rebahan sambil scrolling media sosial.

BACA JUGA :
15 Potret kocak macam-macam Asian Value di Indonesia, warga +62 relate banget

Tapi apa jadinya jika listrik mati yang membuat kerja si mesin cuci ini juga ikut terhenti? Mau tidak mau, kamu mungkin akan kembali ke cara manual yakni mencuci pakaian dengan tangan.

Tapi baru-baru ini seorang pria pemilik akun TikTok @didinchannel01 membagikan cara nyeleneh mencuci baju dengan mesin cuci tanpa bantuan daya listrik. Kok bisa? Gimana caranya? Langsung aja kamu kepoin ulasannya berikut ini.


BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh desain 'toilet racing' ini bikin buang air serasa berkendara, pembalap pasti senang

foto: TikTok/@didinchannel01

Dilansir brilio.net dari akun @didinchannel01, Kamis (6/6), unggahan video ini menceritakan awalnya seorang ibu tengah kebingungan karena mesin cuci yang sedang ia pakai mendadak terhenti lantaran mati listrik.

Sejenak kemudian suaminya datang menanyakan masalah yang dialami istrinya tersebut. Entah dapat ilham dari mana, pria ini kemudian langsung memberikan solusi dengan membuat mesin cuci manual.

"Wah tenang mah, bapak punya mesin cuci manual," kata pria paruh baya tersebut.

foto: TikTok/@didinchannel01

Ia kemudian mengambil baskom, mengisinya dengan air, sabun, dan pakaian yang akan dicuci. Namun anehnya, ia tiba-tiba mengambil satu unit sepeda. Sepeda itu kemudian ditidurkan dengan posisi miring.

Pengayuh pada sepeda ini kemudian diarahkan pada rendaman pakaian. Rupanya, gowesan sepeda inilah yang jadi alat untuk memutar rendaman pakaian di baskom tersebut.

foto: TikTok/@didinchannel01

Dengan memutar pengayuh bagian atas, pengayuh sebelah bawah otomatis berputar menjadikan rendaman pakaian seketika jadi pusaran air.

"Wah iya pak bagus juga idenya," kata si istri dengan polosnya.

Ide yang terkesan asal-asalan ini pun terbukti bisa menciptakan mesin cuci manual. Kamu yang melihat mungkin bisa mencobanya di rumah, terutama ketika mati listrik.

foto: TikTok/@didinchannel01

Menariknya, video ini banyak ditonton warganet karena kocak dan menghibur. Beberapa ada yang menuliskan responsnya di kolom komentar dan berkelakar kalau ide ini akan diadopsi sebagai penemuan terbesar abad ini oleh Elon Musk.

"Mantap men! Katanya mau diadopsi penemuannya sama elon musk," kata akun @hafricky.

"Itu mah bukan mesin cuci manual, tapi mesin cuci manula," kata akun @kodjen5.

"Alat canggih yang bikin kamu auto sakit pinggang," tulis akun @zaintv_07.

"Idenya memang sulit ditebak si abah," kata akun @obungsunrise.

 

 

 

(brl/jad)

RECOMMENDED