Brilio.net - Salah satu tindak kriminal yang sering terjadi di sekitar kita adalah aksi pencurian motor. Aksi tidak terpuji ini bisa dilakukan oleh perorangan maupun sindikat yang terorganisir dalam sebuah komplotan.

Maka wajar jika setiap pengguna motor diimbau untuk selalu waspada akan terjadinya aksi pencurian. Selain itu, desain keamanan yang ada pada sepeda motor bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

BACA JUGA :
11 Jawaban kocak orang salah pakai bahasa Inggris ini bikin melongo, endingnya diluar prediksi

Jangan sampai, kamu lalai untuk mengunci motormu yang sedang terparkir. Bisa-bisa lengah sedikit, motormu akan digasak oleh pencuri. Jika sudah begitu, kamu hanya bisa kelabakan dan endingnya jadi menyesal.

Nah, ngomongin soal keamanan motor, kamu juga bisa menambahkan sistem keamanan dengan membuat alat yang bisa mendeteksi kehadiran pencuri motor. Salah satunya dilakukan oleh pria dalam video berikut ini.


Dilansir brilio.net dari akun TikTok @jang.yaya, Sabtu (8/6), pemilik akun ini membagikan ide nyeleneh membuat alarm maling motor. Alat pendeteksi maling ini dibuat memanfaatkan kaleng bekas biskuit, dua batang stik es krim, karet gelang, dan uang koin Rp500.

BACA JUGA :
Cuma pakai mainan bocah, lifehack nyeleneh menahan air banjir tak masuk rumah ini diakui ampuh

foto: TikTok/@jang.yaya

Mula-mula, pria dalam video ini menyiapkan kaleng biskuit. Kaleng tersebut diposisikan terbalik, lalu pada kedua sisinya ditempel stik es krim menggunakan lakban hitam secara berlawanan.

Kemudian, ikat karet gelang pada masing-masing ujung stik es krim. Selanjutnya letakkan uang koin ditengah karet, lalu lilit sampai terikat kencang. Koin yang terlilit karet itu kemudian diganjal menggunakan sebatang kayu kecil yang sudah dipasang benang jahit.

foto: TikTok/@jang.yaya

Dalam video diperlihatkan, jika kayu kecil yang mengganjal koin ini lepas, maka koin akan berputar dari lilitan karet sambil menyentuh permukaan kaleng. Proses itulah yang menimbulkan bunyi berisik alarm.

foto: TikTok/@jang.yaya

Setelah alarm itu jadi, alat yang cara membuatnya cukup ribet ini diperagakan. Koin kembali dililit pada karet gelang, diganjal pada kayu kecil yang sudah terikat benang, lalu benang tersebut ditambatkan pada standar motor.

foto: TikTok/@jang.yaya

Ketika standar motor dinaikkan, benang pun menarik kayu penggannya dan alarm pun bunyi. Namun, suaranya malah kalah oleh suara decitan standar motor ketika dinaikan.

Meskipun hasilnya mengecewakan, pria dalam video ini tetap memperlihatkan ekspresi percaya diri pada alat ciptaannya itu.

"Mantap!" katanya di akhir video.

Melihat lifehack nyeleneh yang hasilnya bikin kecewa ini, warganet pun meramaikan kolom komentar dengan berbagai respon yang tak kalah nyeleneh. Salah satunya menyebut, ide ini terkesan merepotkan dan hasilnya tidak sebanding dengan proses pembuatannya.

"Apanya yang mantap? idenya asal-asalan banget," tulis akun @andimra.

"Itu benangnya kalau kesenggol ayam, berarti ayamnya dianggap maling," kata akun @dekdiahcute.

"Kalah kenceng sama suara tonggeret bang," kata akun @fourthavenuecafe.

"Semut juga nggak bakalan keren juga pak," tulis akun @memax.co.

(brl/wen)

RECOMMENDED