Brilio.net - Buat anak rantau, kos merupakan pilihan tempat tinggal dengan budget terjangkau. Biasanya kos hanya berupa kamar sederhana. Ada kos yang dilengkapi dengan berbagai furnitur dan kamar mandi dalam, tetapi ada pula yang tidak.

Dengan begitu, harga sewa kosan tentu berbeda-beda. Selain kamar mandi, dapur jadi salah satu fasilitas umum yang tak kalah penting bagi anak kos. Buat anak rantau yang ingin ngirit, kos-kosan dengan dapur tentu jadi pilihan.

BACA JUGA :
Modal cuma Rp 200 ribuan, begini cara ubah dapur jadul jadi lebih elegan bak berdinding marmer

Pasalnya, dengan adanya dapur, mereka dapat memasak untuk menekan pengeluaran makan per bulan. Namun, nggak semua kos-kosan dibangun dapur permanen yang nyaman untuk memasak. Demikian dengan dapur kos yang ditempati oleh pemilik akun @ayuprasiska0 ini.


foto: TikTok/@ayuprasiska0

BACA JUGA :
Tips bikin teras rumah bergaya tropis dengan ukuran 3x5 meter jadi lebih private, cocok buat introvert

Dalam unggahannya, pemilik akun memamerkan dapur bersama di kosnya yang hanya berupa meja kayu minimalis dengan dilengkapi berbagai perabotan memasak. Jika diperhatikan, dapur tersebut tampak sangat kotor dan berantakan.

Dengan dapur kotor seperti itu, tentu penghuni lain akan merasa malas untuk memasak. Namun, @ayuprasiska0 mencoba untuk melakukan sedikit makeover agar dapur bersama tersebut nyaman digunakan.

"Kosku ini harganya 400k, dari 2020 awal kerja sampe sekarang aku tetep setia walopun banyak problema. Di kosan ini berarti aku orangnya setia kan," kata @ayuprasiska0, dikutip brilio.net pada Selasa (4/6).

foto: TikTok/@ayuprasiska0

Langkah pertama yang dilakukannya adalah membersihkan bagian-bagian dapur. Ia membersihkan debu-debu yang menempel di meja sekaligus kompornya. Ia juga menyingkirkan beberapa perabotan dapur yang kotor.

"Jadi ini adalah dapur bersama. Biar semangat buat konten bekal kerja. Aku dekor sedikit aja dapur mini kos ini," ungkapnya.

foto: TikTok/@ayuprasiska0

Untuk melakukan makeover, @ayuprasiska0 hanya membutuhkan dua bahan, yakni wallpaper stiker dan taplak meja antiair. Dilansir dari video TikToknya, wallpaper stiker yang dibelinya hanya seharga Rp 20 ribuan, sedangkan taplak meja anti air harga Rp 8 ribuan.

Dengan begitu, total yang dibutuhkan hanya berkisar Rp 30 ribuan saja. Ia kemudian mulai memasang wallpaper stiker pada dinding agar temboknya tak mudah kotor. Lalu, memasang taplak anti air bermotif kotak-kotak.

foto: TikTok/@ayuprasiska0

Agar tidak perlu membeli gorden untuk menutup kolong mejanya, @ayuprasiska0 menggunakan sisa taplak sebagai gordennya. Hanya dengan bahan sederhana, dapurnya jadi lebih bersih dan rapi, kan? Dengan begini, dapur bersama jadi lebih nyaman digunakan.

Warganet memuji @ayuprasiska0 yang kreatif untuk melakukan makeover. Meski kegiatan yang dilakukannya sederhana, tapi menginspirasi.

"Kreatif sungguhan ini cewek bener2 menggoda hati," kata akun @mas.rama535.

"Yuk semangat kak," tulis akun @mirafrni12.

"Semangat kk bikin konten bekal kerjanya," ujar akun @nanna.hannachan.

 

 

(brl/mal)

RECOMMENDED