Brilio.net - Meski terlihat sepele, membangun dapur tidak semudah yang dibayangkan, lho. Biaya yang dibutuhkan cukup menguras isi kantong. Apalagi, jika dapur yang ingin dibangun adalah dapur permanen dengan kitchen set lengkap.

Dapur menggunakan kitchen set akan terlihat lebih rapi dan mewah. Namun, pemilik rumah tetap dapat membangun dapur yang estetik tanpa menguras dana yang besar. Biasanya, dapur dengan model seperti itu dibangun menggunakan material tak permanen.

BACA JUGA :
Trik anak rantau makeover dapur kos cuma modal Rp 30 ribu ini cocok buat kaum ngirit

Buat kamu yang ingin membangun dapur dengan tampilan mirip seperti dapur betonan, kamu bisa menyontek dapur milik @rumahbunda6 ini. Dilansir dari akun TikTok-nya, ia membangun dapur menggunakan material kayu dan papan GRC. Sebelum direnovasi, ia memperlihatkan bagian dapurnya yang baru dibangun berupa kerangka dari kayu saja.


foto: TikTok/@rumahbunda6

BACA JUGA :
Modal cuma Rp 200 ribuan, begini cara ubah dapur jadul jadi lebih elegan bak berdinding marmer

Agar terlihat lebih cantik dan rapi, pemilik akun melalukan perubahan. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan memasang papan GRC untuk jadi meja dapurnya. Papan ini merupakan papan semen yang tidak mudah lapuk dan lembap. Harga per lembarnya mencapai Rp 100 ribuan.

foto: TikTok/@rumahbunda6

Begini hasilnya setelah kerangka dari kayu tersebut dibangun dapur. Meski menggunakan material GRC, meja dapurnya tetap terlihat kokoh. Dapur itu memiliki dua bagian, yakni meja kompor serta kitchen sink. Meski belum didekorasi, dapurnya sudah nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Apalagi, bagian mejanya dibuat cukup luas dan tinggi. Dengan begitu, bagian bawah mejanya dapat digunakan sebagai storage atau kabinet penyimpanan. Nah, seperti ini dapurnya setelah di-makeover.

foto: TikTok/@rumahbunda6

Tampilannya jauh lebih estetik dan terlihat seperti dapur permanen yang dibangun dari semen atau beton, kan? Padahal, @rumahbunda6 hanya menambahkan stiker dan tirai saja. Ia memasang wallpaper stiker bermotif kotak pada dindingnya.

Sementara itu, untuk mejanya menggunakan stiker kertasive motif kayu berwarna cokelat muda. Pada dindingnya, ia juga menambahkan rak ambalan untuk menata berbagai perbumbuan. Sedangkan bagian kolongnya menggunakan tirai bernuansa putih dengan motif kotak-kotak yang senada dengan wallpaper dindingnya.

foto: TikTok/@rumahbunda6

Untuk lantainya, ia juga menggunakan vinyl motif kayu. Dapur tersebut terlihat jauh lebih estetik dan rapi. Terlihat seperti dapur mahal meski hanya menggunakan papan GRC. Hasil makeover tersebut menuai beragam pujian dari warganet.

"Masyaallah jdi estetik bun," puji @rumah_dhannia.

"Meja dapurnya pake grc kak itu sumpah pgn bgt cantik dapurnya," kata @diany3214.

"Masyaallah jadi pngen kyak gini Bun," kata @mirza_cake.

"Masyaallah keren semoga nular rezekinya Aamiin," kata @tri.wulandari.w.

"Keren bagus," puji @dewihomebot.

 

 

(brl/mal)

RECOMMENDED