Brilio.net - Bazar kecantikan tahunan Jakarta X Beauty kembali hadir oleh Female Daily selama 4 hari. Dimulai hari Kamis-Minggu, 6-9 Juni 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Event ini diikuti 400 brand, dan dihadiri oleh pecinta kecantikan, pelaku bisnis, serta publik figur.

Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Fiki Satari, mengatakan kementeriannya sangat mendukung pertumbuhan UMKM kecantikan dan perawatan diri. Dia menyampaikan 3 poin utama tentang UMKM kecantikan dan perawatan diri yang memiliki kesempatan bersaing di pasar internasional.

BACA JUGA :
Optimalkan transaksi, ini alasan DOKU sebagai pilihan tepat Payment Gateway bisnismu

“Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal agar UMKM bisa bersaing dengan produk asing," tutur Fiki.

Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler. Poin terakhir, KemenKopUKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir. Contoh dari RPB adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh.

Dalam pembukaan event kecantikan tersebut, hadir pula CEO Female Daily, Hanifa Ambadar, dan Group CEO of ParagonCorp, Harman Subakat.


BACA JUGA :
Jadi expo beauty yang paling ditunggu-tunggu, ini dia sederet aktivitas seru di Jakarta X Beauty 2024

foto: Istimewa

Sejalan dengan KemenKopUKM, Harman Subakat selaku Group CEO of ParagonCorp pun meyakini bahwa produk-produk yang dimiliki di bawah naungan perusahaannya bisa semakin dikenal di luar negeri dalam beberapa tahun ke depan.

“Produk-produk kami selain di Indonesia, juga sudah dikenal di Malaysia. Hal ini membuktikan kalau memang produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan brand luar negeri," ujarnya.

Dia mengungkapkan pihaknya selalu mengedepankan inovasi dan menciptakan tren. Serta mendengarkan masukan dari para pelanggan supaya produk-produknya bisa terus maju.

Ia pun menambahkan bahwa event kecantikan Jakarta X Beauty 2024 menjadi wadah yang tepat dan sangat dibutuhkan bagi brand-brand kecantikan. Lewat event ini brand-brand kecantikan bisa semakin dikenal oleh masyarakat banyak dan menumbuhkan semangat untuk membanggakan Indonesia dengan produk-produk lokal berkualitas.

Sementara CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar, mengatakan tahun ini, Female Daily X Beauty membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas. Tema Jakarta X Beauty 2024 adalah “Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional”.

"Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan kecantikan Indonesia yang selalu mengikuti tren global agar dapat bersaing secara internasional, dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi lewat sektor kecantikan dan perawatan diri,” ucap Hanifa.

Dia menjelaskan perkembangan industri kecantikan meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Terlihat dengan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku kosmetik sebesar 2,19% menurut BPOM dan nilai ekspor kosmetik, wewangian serta essential oils yang tercatat mencapai USD 770,8 juta.

Sebagai penutup, Fiki Satari menuturkan bahwa pemerintah akan selalu mendukung kemajuan industri di Indonesia, terutama UMKM kecantikan dan perawatan diri, supaya bisa dengan mudah dikenal secara internasional.

Salah satunya juga dengan mempermudah pendaftaran BPOM bagi UMKM melalui Smesco Indonesia, sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah KemenKopUKM.

(brl/lak)

RECOMMENDED