Atuk Dalang sendiri tidak memiliki hubungan spesial atau asmara khusus dengan Opah. Kecuali, jika pihak produksinya memang ingin membuat keduanya menjadi sesuatu. Namun, sejauh ini hubungan keduanya dekat karena pertemanan sejak kecil.

BACA JUGA :
Aslinya bukan orang sembarangan, ternyata ini profesi orang tua Upin & Ipin sebelum meninggal

Hubungan Opah dan Tok Dalang
© 2024 upinipin.fandom.com/berbagai sumber

Dalam salah satu episode bertajuk "Terompah Opah" musim ke-8, tayangan tersebut memperlihatkan bahwa Opah dan Tok Dalang adalah sudah kenal sejak kecil. Unclu Muthu juga Ah Tong termasuk dalam lingkaran pertemanan Opah dan Tok Dalang.


BACA JUGA :
Terungkap penyebab Ijat jarang bicara dalam serial Upin & Ipin, kisah di baliknya bikin kasihan

Hubungan Opah dan Tok Dalang
© 2024 YouTube/Upin Ipin

Penonton diajak flashback ke masa kecil Opah, yang lagi senang-senangnya punya terompah (sandal kayu) baru. Ketika itu dia bersama yang lain berenang di sungai dan membuat terompah Opah hanyut. Untungnya, salah satu terompah bisa diselamatkan oleh Tok Dalang. Namun, Opah tetap sedih karena tidak bisa memakainya kembali.

Jelas sudah hubungan Opah dan Tok Dalang di serial animasi Upin & Ipin ini. Nggak heran bilamana keduanya terlihat sangat dekat dan saling mengandalkan.

Hubungan Opah dan Tok Dalang
© 2024 Facebook/Hjburhan Radzi

Sebaliknya, pengisi suara Opah (Ainon Ariff) dan Tok Dalang (Burhanuddin Radzi) di dunia nyata merupakan pasangan suami istri. Mereka berdualah yang menciptakan karakter Upin & Ipin, sekaligus membuat rumah produksi bernama Les' Copaque.

Dikutip dari Liputan6.com, berkat serial animasi Upin & Ipin, Burhanuddin dan Ainon berhasil meraup banyak keuntungan. Pada tahun 2012, untuk penayangan Upin & Ipin di luar negeri, perusahaan tersebut memperoleh bayaran hingga Rp 234 juta.

(brl/red)