Brilio.net - Kamar tidur menjadi tempat buat beristirahat dan menghabiskan waktu pribadi. Maka dari itu, suasana dan penataan kamar sangat memengaruhi kualitas istirahat. Kamar yang kotor atau terlihat membosankan tentu bikin risih dan nggak nyaman.

Sebuah makeover dapat mengubah suasana kamar tidur menjadi lebih menyenangkan, nyaman, dan sesuai dengan selera pribadi. Dengan melakukan makeover, kamu dapat menghadirkan suasana baru yang lebih segar dan inspiratif. Nggak perlu secara keseluruhan, hanya dengan mengubah beberapa sudut seperti dinding saja sudah bikin suasana jadi berbeda, lho.

BACA JUGA :
Pakai papan Rp 100 ribuan, cara ibu-ibu ubah dapur jadi cantik meski sederhana, cocok buat ngonten

makeover kamar ala American Style cuma 100 ribu
© 2024 TikTok/@yulianahome


Buat kamu yang ingin mencoba gaya klasik untuk kamar, bisa mencontoh makeover dari @yulianahome ini. Ia hanya mengubah bagian dinding yang menempel dengan kasurnya. Untuk mengubahnya, biaya makeover yang dibutuhkan hanya Rp 100 ribu.

BACA JUGA :
Trik anak rantau makeover dapur kos cuma modal Rp 30 ribu ini cocok buat kaum ngirit

"Hari ini aku mau makeover kamar, cuma dengan modal Rp 100 ribu, kamar kamu bisa jadi lebih cantik, lho," tulisnya, dikutip brilio.net pada Selasa (4/6).

Langkah pertama yang dilakukannya adalah membersihkan dinding yang akan di-makeover. Ia mengelupasi wall foam di dinding dan membersihkan sisa lem dengan cairan bensin saja. Cara pengaplikasiannya cukup menggunakan kain lap, kemudian digosok ke area yang masih ada lemnya.

makeover kamar ala American Style cuma 100 ribu
© 2024 TikTok/@yulianahome

Setelah dinding kamar bersih, tunggu beberapa saat sampai mengering. Jika sudah mengering, kamu baru bisa memasang wall batten. Ya, dekorasi yang dipakai adalah wall batten bukan wall panel.

Wall panel merupakan lembaran kayu tipis dengan bentuk khusus, yang digunakan untuk menutupi sebagian atau bahkan keseluruhan tembok. Sementara wall batten merupakan elemen dinding berbentuk garis-garis vertikal untuk menciptakan pola geometris berlapis.

Wall batten biasanya terbuat dari kayu atau reng. Di sini @yulianahome menggunakan wall batten berjumlah 10 biji saja. Cara pemasangannya yakni menggunakan lem, kemudian ditempelkan perlahan.

makeover kamar ala American Style cuma 100 ribu
© 2024 TikTok/@yulianahome

Pemasangan dilakukan dengan menyesuaikan ukuran dindingnya. Agar jarak antara garisnya tetap presisi, ia menggunakan penggaris untuk mengukurnya. Kemudian, wall batten tersebut ditempelkan sementara dengan selotip sebelum menggaris sisinya menggunakan penggaris. Dengan begitu, wall batten yang dipasang tidak akan salah ukur maupun bergeser.

Setelahnya, wall batten ditempelkan menggunakan lem kayu agar kuat. Bila sudah terpasang semua, kamu bisa mulai mengecatnya sesuai dengan warna kamarmu. Milik @yulianahome menggunakan cat bernuansa biru yang senada dengan kamarnya.

makeover kamar ala American Style cuma 100 ribu
© 2024 TikTok/@yulianahome

Agar makin manis, ia menambahkan dekorasi dinding berupa lukisan bunga bernuansa biru. Selain itu, ia juga memasang tirai motif kotak-kotak biru. Tampilan kamarnya jauh lebih estetik, kan?

Makeover kamar jadi American Style tersebut menuai beragam komentar warganet. Mereka memuji kreativitasnya membuat kamar jadi lebih cantik.

"Kreatif dan keren jadinya," kata @wensajo.

"Pinter bgt si ka dekor kamarnya," kata @alvaromisugi.

"Kreatif kak," kata @assyahidahsyifa.

(brl/red)

RECOMMENDED