Brilio.net - Kamar merupakan bagian rumah yang sangat penting buat penghuni. Maka dari itu, mendesain kamar yang nyaman sangat penting agar pemilik rumah dapat beristirahat. Buat pemilik kamar sempit, ada berbagai cara untuk mengatasi ruang yang kecil jadi terlihat lebih luas.

Salah satu cara yang banyak dilakukan orang adalah mengurangi furnitur dalam kamar. Namun ada pula yang justru menambah ruang agar dapat digunakan untuk mengisi banyak perabotan. Jika ingin menambah ruang, kamu bisa menggunakan mezzanine seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @yunkyunk4.

BACA JUGA :
11 Potret kamar mewah Melody Prima, ranjang kasurnya canggih bisa diubah jadi dinding

foto: TikTok/@yunkyunk4


Dilansir brilio.net dari akun TikTok @yunkyunk4 pada Kamis (30/5), pemilik akun tersebut membagikan prosesnya saat menata sebuah ruangan berukura 2 meter x 3 meter dengan tinggi 4 meter jadi sebuah kamar tidur. Dalam keterangan caption-nya, ia akan membuat kamar ala rumah-rumah di Korea yang sering muncul di drama Korea.

BACA JUGA :
Kamar Thariq Halilintar di rumah lama luasnya bak hunian tipe 36, ini 11 potretnya ada kasur canggih

"Kebayang nggak sesempit ini bisa jadi kamar. Sekadar sharing, rumahku kecil tapi pengen banget punya kamar idaman kayak yang di google-google. Dan ini adalah project pertama dibuatnya kamar ala-ala yang diidamkan. Ala-ala Korea, entah kenapa suka sekali kamar yang bertingkat," ungkap @yunkyunk4.

foto: TikTok/@yunkyunk4

Untuk itulah, ia mengubah kamarnya menjadi tingkat dengan menambah mezzanine. Untuk membangun mezzanine, ia hanya membutuhkan kayu dan papan sebagai ranjangnya. Dari bagian kamarnya, material dindingnya juga terbuat dari papan kayu.

Agar desain kamarnya sesuai, ia pun membuat rancangan terlebih dahulu. Ia ingin menambahkan mezzanine sebagai ranjang. Sementara bagian bawahnya digunakan untuk ruangan lain, seperti belajar dan lemari.

foto: TikTok/@yunkyunk4

Hasil kamarnya pun sangat cantik. Ruangan yang semula sempit bisa diubah menjadi kamar ala rumah-rumah di Korea yang estetik dengan tambahan mezzanine. Pemilik akun @yunkyunk4 memilih warna netral, putih dan cokelat kayu yang memberi kesan estetik pada tampilan kamarnya.

Pada bagian bawah mezzanine digunakan untuk ruang belajar lengkap dengan meja serta kabinet dan rak dinding. Kemudian, pada sisi sampingnya berupa tangga. Untuk menghemat tempat, tangga tersebut dapat digunakan sebagai rak, kabinet, lemari, sekaligus drawer. Agar tetap terang, bagian bawah ranjang menggunakan lampu strip LED.

foto: TikTok/@yunkyunk4

Sementara itu, pada lantai dua mezzanine digunakan untuk ranjang. Agar aman digunakan istirahat, ia menambahkan tepian ranjang. Dengan menambahkan mezzanine seperti kamar ini, ruangannya jauh terlihat compact dan estetik.

Apalagi, penataan ruangannya jauh lebih rapi. Setiap ruangnya terisi dengan baik sehingga tidak memberikan tampilan sumpek. Warganet pun memuji usaha @yunkyunk4 untuk merenovasi kamarnya menjadi lebih nyaman meski sempit.

"Keren bgt, pgn renovasi kamar jg tpi blm ada biaya," tulis akun @jooleesung.

"Itu pakai kayu apa kak? Kuat ngga? Sama habis brp?" ungkap akun @_baxzyy.

"Wow," kata akun @kenaridjaja.

 

 

(brl/mal)

RECOMMENDED