Brilio.net - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Singapura dan Timnas Thailand berlangsung seru pada Selasa (11/6) kemarin. Bukan hanya penggemar sepak bola dari kedua negara yang berlaga saja yang ikut menyaksikan. Publik sepak bola China turut menahan napas karena pertandingan tersebut menjadi laga penentuan buat Timnas Tiongkok lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pasalnya, Timnas China tinggal berharap pada hasil pertandingan tersebut setelah kalah dari Korea Selatan dengan skor 0-1 pada laga terakhir Grup C putaran kedua. Thailand berkesempatan lolos jika berhasil mengemas setidaknya selisih 3 gol kontra Singapura. Sayangnya, laga terakhir skuad Gajah Putih tersebut berakhir dengan kemenangan 3-1. Skor ini memang membuat Thailand berhasil menyamai jumlah poin yang dikumpulkan China.

BACA JUGA :
Momen pemain naturalisasi Timnas berendam air es sambil nyanyi Indonesia Raya ini bikin salut

Namun, meski punya nilai mencetak gol (9), kebobolan (9), selisih gol (0) dan poin akhir (8) yang sama persis dengan China, Thailand harus mengubur mimpinya lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Thailand kalah head to head dengan China dari dua kali laga mereka di Grup C. China unggul agregat 3-2 atas Thailand.


foto: Instagram/@fasingapore

BACA JUGA :
Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Gibran Rakabuming hanya ingin fokus hal ini

Pasca keberhasilan dramatis yang diraih China, ternyata Singapura dianggap berjasa besar oleh publik sepak bola Negeri Panda. Terlebih kiper skuad Singa, Hassan Sunny yang sukses membuat 11 kali penyelamatan untuk gawang Singapura saat dibombardir serangan Thailand. Termasuk menghalau tendangan jarak dekat dari Jaroensak Wonggorn pada menit ke-85.

Aksi penyelamatannya ini membuat Thailand gagal menciptakan selisih 3 gol untuk lolos mendampingi Korea Selatan. Maka dari itu, banyak penggemar bola China yang berterima kasih kepada penjaga gawang Singapura, Hassan Sunny. Ia pun mendapatkan julukan "penjaga gawang kelas atas" di aplikasi olahraga China, Hupu

foto: mothership.sg

Nggak hanya memuji performa Hassan Sunny, penggemar sepak bola China mendapati Hassan Sunny memiliki kedai makanan muslim bernama "Dapur Hassan" di Tampines. Tanpa diduga, kode pembayaran QR kedai milik Hassan beredar. Beberapa penggemar memutuskan untuk mentransfer uang ke warung tersebut sebagai bentuk apresiasi.

Dilansir dari Mothership.sg, seorang penggemar asal Shanghai mengaku gembira Timnas China lolos. Sebagai bentuk ungkapan kegembiraan, ia mentransfer uang ke kedai Hasan sebesar $50 Singapura. Jika diubah ke Rupiah, nilai $50 Singapura setara dengan Rp 602 ribu.

foto: Instagram/@dapurhassansg

"Awalnya, saya ingin mentransfer $188.88 Singapura karena itu adalah angka yang membawa keberuntungan. Namun, saya menyadari itu berarti mentransfer lebih dari 1.000 yuan, jadi saya segera menenangkan diri dan memutuskan untuk mentransfer $50 Singapura. $50 Singapura adalah sekitar 268,88 yuan, yang juga terdengar cukup membawa keberuntungan, jadi saya langsung melakukan transfer," ujarnya.

Tak sedikit penggemar lainnya yang turut mentransfer uang ke kedai Hassan. Jumlah transfer berkisar antara $1 hingga $100 Singapura atau Rp12 ribu atau Rp 1,2 juta. Selain itu, fans Timnas Tiongkok berencana akan mengunjungi Singapura dan mampir ke kedai Hassan kelak.

Sebagai ucapan terima kasih kepada penggemar Timnas China, Hassan Sunny mengucapkan terima kasih. Kiper Timnas Singapura tersebut mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Mandarin.

foto: mothership.sg

"Xie Xie (terima kasih dalam Bahasa Mandarin), Tiongkok!" ucapnya dalam sebuah video.

Setelah pertandingan, para fans Timnas China juga membanjiri halaman Weibo Kedutaan Singapura di China, untuk mengungkapkan terima kasih kepada Timnas Singapura. Selain memuji performa Timnas Singapura, mereka berencana mengunjungi Negeri Singa tersebut sebagai destinasi wisata.

"Saya akan datang ke [Singapura] dan segera berbelanja," kata @wojiaoxiashenmelaine dikutip dari Weibo.

"Malam ini, saya adalah penggemar tim nasional sepak bola Singapura! Saya akan mengunjungi Singapura pada liburan musim panas ini," kata @Lishiyi_01.

(brl/wen)

RECOMMENDED