Brilio.net - Untuk mengoperasikan berbagai barang elektronik, tentu diperlukan daya listrik. Hal ini karena barang elektronik seperti setrika, televisi, kulkas, atau kipas angin, mengkonversi daya listrik menjadi berbagai tenaga yang kemudian membuat alat tersebut jadi berfungsi.

Ketika aliran listrik tidak berfungsi atau mati, maka kehidupan menjadi hampa. Pasalnya, ketika kondisi ruangan gelap, kamu tidak bisa menyalakan lampu. Ketika gerah kamu tak bisa menyalakan kipas angin atau AC, nggak bisa pula membuat es batu karena kulkasnya tak punya daya listrik.

Nah ngomongin soal kipas angin nih, ternyata ada lho lifehack yang cukup nyeleneh yang membuat kipas angin menyala meski tidak menggunakan listrik. Penasaran bagaimana caranya? Melalui video ini kamu akan temukan faktanya.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @unconditionaldesign, Selasa (11/6), akun ini membagikan video yang memperlihatkan kipas angin yang bisa menyala tapi tak dicolokkan listrik.


cara menyalakan kipas angin tanpa listrik
Instagram/@unconditionaldesign

Dalam video ini, kipas ini terlihat menempel di dinding sebuah masjid. Kipas itu terlihat berputar cukup depat. Namun yang bikin salah fokus adalah, kabel colokan pada kipas ini tidak tertambat pada colokan listrik.

Alhasil, pemandangan kipas yang menyala ini jadi tampak aneh mengingat tak ada sumber listrik yang tertambat pada kipas tersebut.

"Yakin bisa muter," kata caption unggahan tersebut.

cara menyalakan kipas angin tanpa listrik
Instagram/@unconditionaldesign

Usut punya usut, ternyata kipas ini bisa berputar karena dorongan angin dari AC yang ada diatasnya. Namun warganet yang melihat video ini, membenarkan sekaligus heran. Jika kipas angin sampai bisa berputar, tentunya angin yang dihasilkan AC cukup kencang.

cara menyalakan kipas angin tanpa listrik
Instagram/@unconditionaldesign

"Antara dua kemungkinan sih, kipasnya kena angin AC, atau kipasnya pakai baterai. Tapi yang pertama absurd banget sih," tulis akun @ab.budiman.

"Ini kenceng banget berarti angin AC nya," kata akun @dodikyuliharto.

"Kipas tenaga mukjizat hahaha," tulis akun @kevincupy

"Sekilas, kipasnya nyala pakai energi ilahi, tapi ternyata angin AC nya yang gede baget," kata akun @pejuangdingin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)

 

 

(brl/ola)