Brilio.net - Terkadang beberapa orang kerap mengabaikan gejala-gejala kecil yang terjadi pada tubuhnya. Seringkali, gejala tubuh itu dianggap sebagai hal biasa, misalnya seperti masuk angin. Beberapa orang beranggapan itu hanya masuk angin biasa yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, bisa jadi gejala seperti tak enak badan yang disebut dengan istilah masuk angin adalah tanda penyakit serius.

Seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Laura. Lewat unggahannya di akun TikTok @yeela89, Laura menceritakan kondisinya. Awalnya dia mengira tanda tak enak badan yang dirasakan hanya masuk angin biasa.

BACA JUGA :
9 Potret Nabila Yoestino, chef keponakan Rano Karno yang viral karena curhat hidup sebatang kara

Laura pun mencoba untuk memeriksakan kondisi badannya ke dokter. Diungkapkan, dia sudah beberapa kali ke dokter dengan keluhan badan tak enak dan benjolan di tubuhnya. Tapi sama saja, tak ada tindak lanjut yang serius dari sakit yang dialami Laura.


wanita idap kanker dikira masuk angin
TikTok/@yeela89

BACA JUGA :
Wanita ini curhat pernah ditipu duda 2 anak, ternyata dulunya artis cilik lawan main Raffi Ahmad

"Kirain cuma masuk angin biasa. Udah ke beberapa dokter bilang gpp kok padahal waktu itu uda muncul benjolan juga," ujarnya, dilansir brilio.net pada Kamis (20/6).

Setelah berpindah-pindah dokter, akhirnya Laura mengetahui bahwa benjolan yang muncul di tubuhnya karena penyakit kanker. Disebutkan, jika dia mengidap penyakit kanker limfoma stadium lanjut, yakni stadium 4. Laura pun sudah berkali-kali melakukan kemoterapi untuk membunuh sel kanker dalam tubuhnya.

Namun demikian, dia mengingatkan untuk tidak panik. Sebab gejala tak enak badan dan benjolan yang ada di area tubuh tak selalu karena penyakit kanker. Perlu dilakukan prosedur seperti endoskopi atau MRI untuk pengecekan.

"Sekedar berbagi pengalaman buat ga menyepelekan hal kecil tp juga ga perlu kuatir berlebihan karna ga smua itu tanda kanker. Karna kanker cuma bisa dideteksi kalo uda keluar hasil PA. Toh yang benjolan juga bisa jadi hasilnya bukan kanker. Bisa jadi tumor jinak atau kista," tambahnya.

Laura pun menghimbau untuk mengkonsultasikan sakitnya kepada dokter. Bersamaan dengan itu, dia mengingatkan untuk waspada dengan gejala-gejala kecil yang dirasakan oleh tubuh. Agar tidak kecolongan untuk mengobati penyakitnya.

wanita idap kanker dikira masuk angin
TikTok/@yeela89

"Sebaiknya memang konsultasikan ke dokter kalo dirasa merasa tubuh ada yang tidak beres. Karna deteksi dini itu sangat penting. Semoga pengalamanku bisa menjadi pelajaran berharga buat yang lainnya," ujar wanita yang akrab disapa Laura.

Unggahannya pun memicu rasa penasaran netizen terkait gejala awal yang dirasakannya. Laura mengungkapkan, selain tak enak badan dia juga sering mengalami gusi berdarah, sariawan, pegal di bagian punggung hingga sering alami sakit perut.

wanita idap kanker dikira masuk angin
TikTok/@yeela89

"Sebelum kanker stadium 4 alarm tubuh yang disepelekan yaitu, sariawan, gusi berdarah, berat badan turun, mudah lelah, batuk, gatal, keringat di malam hari, pegal di bagian punggung, dan perut sering nggak enak," paparnya.

 

(brl/ola)

RECOMMENDED