Brilio.net - Setiap dokter memiliki lika-liku dan cerita dalam menangani pasien. Ini biasanya tergantung juga dengan tempat di mana si dokter ditugaskan. Dokter di perkotaan dan kampung berbeda soal keberagaman kasus pasien yang ditanganinya.

Seperti dialami oleh seorang dokter yang berdinas di Sumatra Utara. Ia membagikan kisahnya lewat video Tiktok yang diposting oleh akun @tomsmora88. Video berjudul "kerja dokter THT di daerah..." menggambarkan kasus pasien yang ditemuinya saat berdinasi di kampung. 

BACA JUGA :
Hidup berumah tangga 30 tahun tapi tak bahagia, momen pasien curhat pada dokter ini bikin nyesek

Tom, nama dokter ini menceritakan bahwa ada pasien wanita yang datang padanya. Si pasien mengaku mimisan, hidungnya mengeluarkan darah selama hampir 2 minggu. Dalam unggahannya, ia mengatakan bahwa pasien mimisan ini sampai sudah berobat ke tempat layanan primer. Hingga akhirnya harus dirujuk ke Poli THT.


foto: TikTok/@tomsmora888

BACA JUGA :
Cara menghilangkan mata panda ala rekomendasi dokter pakai 1 jenis buah ini bikin kulit cerah kembali

"Pasien keluhannya hidung berdarah selama hampir 2 minggu. Sudah berobat ke tempat layanan primer hingga akhirnya dirujuk ke poli THT," ujat dokter Tom.

Akhirnya ia melakukan pemeriksaan terhadap pasien wanita tersebut. Usut punya usut, ternyata darah yang keluar dari hidung bukanlah akibat sebuah penyakit. Melainkan ada hewan yang tengah bersarang di dalamnya.

foto: TikTok/@tomsmora888

Setelah dikeluarkan, hidung wanita itu sudah dimasuki oleh binatang dari kelompok pacet atau dalam bahasa latin Corpus Alienum Cavum Nasi. Tidak tanggung-tanggung, ukurannya bahkan bisa sepanjang jari telunjuk.

Dokter pun menenangkan pasiennya ketika mampu mengeluarkan hewan itu. Ia menjelaskan bagaimana proses pacet bisa hidup di hidung selama 2 minggu lamanya.

"Jadi bukan gara-gara ada apa-apa ya," ujar sang dokter.

Menurut sang dokter, ketika masuk pacet tidak langsung sebesar seperti yang di keluarkan. Melainkan dengan tubuh yang lebih kecil. Di dalam barulah ia tumbuh karena terus mengkonsumsi darah manusia.

Menurut dokter Tom, kasus ini seringkali ditemukan saat tugas di kampung atau yang jauh dari perkotaan. Sebab aktivitas masyarakat memungkin hal itu besar terjadi. Apalagi, pacet memang sering masuk tanpa disadari oleh manusia.

foto: TikTok/@tomsmora888

"biasa gak sengaja dan gak disadari misalnya saat serius bekerja bertani berkebun atau saat mandi di pancuran masuknya melalui media daun2 atau air. awalnya binatangnya kecil dan halus," tulisnya.

Kisahnya ini menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Karena melihat video sang dokter jadi banyak yang geli melihat pacet dan hewan sejenisnya. Benar kata sang dokter bahwa ternyata tidak sedikit yang pernah mengalami hal serupa.

"Dulu saya pernah kemasukan lintah air di telinga, waktu main ke air terjun taman cibodas. Awalnya saya tidak tahu mengenai ait itu aman atau tidaknya. Ternyata si lintah itu kaya lendir-lendir gitu," tulis akun @adebayou

"Baru ini lihat pacet masuk ke hidung. Jadi takut lihat pacet," kata akun @nurlina br hutasoit

"Saya pernah mengalaminya waktu SD. Tiap hari hidung berdarah, setelah diteliti rupanya ada semacam lintah di dalam hidung. mengeluarkannya hanya menggunakan air tembakau," komentar akun @dedimizwar

"Yang paling buat aku takut buat ke hutan berenang di sungai. Pacet lintah dan kawan-kawan. Bisa pingsan kalau dihinggapi," tulis akun @susansulovi.

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @tomsmora888 sudah menghimpun 8 juta penonton. Selain itu terdapat juga 84,500 akun yang memberi like dan 2,051 komentar.

 

 

(brl/lea)

RECOMMENDED