Brilio.net - Kamar kos merupakan hunian alternatif bagi kamu yang tengah merantau atau jauh dari rumah. Daripada harus membeli atau mengontrak rumah, kos-kosan jadi hunian yang cocok buat perantau yang ingin berhemat. Ukuran kos biasanya hanya seluas kamar tidur atau sekitar 3 x 4 meter, karena hanya digunakan untuk istirahat dan kegiatan sederhana lainnya.

Tidak seperti kontrakan, biasanya kamar kos hanya memiliki kamar mandi dalam, area belajar, dan tempat tidur. Sementara dapur dijadikan fasilitas umum yang terletak di luar kamar kos. Dengan begitu artinya kamu harus secara bergantian menggunakan dapur kos dengan penghuni lain. Begitu juga dengan ruang penyimpanan makanan seperti kulkas maupun lemari atau rak.

BACA JUGA :
Modal Rp 180 ribu, cara emak-emak rombak dapur luas 2 meteran penuh barang ini simple tapi estetik

Kendati demikian, kamu bisa membuat dapur pribadi di dalam kamar kos agar lebih privat. Penggunaan dapur pribadi akan jauh lebih menguntungkan karena alat masak dan bahan-bahan makanan bisa digunakan sendiri, tanpa harus khawatir hilang atau menunggu ketika masak. Hanya dengan furniture sederhana saja, dapur mini di sudut kamar kos dapat dibangun, lho.


kamar jadi dapur mini
© 2024 TikTok/@nurbetipuputr

BACA JUGA :
Wanita ini makeover dapur lawas ibunya yang penuh perabotan jadi estetik, trik simpelnya layak ditiru

Buat inspirasi, kamu bisa mencontoh dapur mini di sudut kamar milik wanita yang satu ini, sebagaimana brilio.net lansir dari TikTok @nurbetipuputr. Dekorasi sederhana bisa membuat sudut dapur menjadi lebih rapi dan estetik. Bahan yang digunakan pun hanya wallpaper foam dan stiker vinyl, lho.

Sebelum makeover, dapur @nurbetipuputr menyiapkan dua meja kayu berukuran kurang dari 1 meter. Ada juga kulkas mini satu pintu yang sudah terpasang. Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan sudut dapur tersebut dengan menggeser meja.

kamar jadi dapur mini
© 2024 TikTok/@nurbetipuputr

Pemilik akun TikTok @nurbetipuputr mulai memasang wallpaper foam bermotif batu bata berwarna putih. Wallpaper ini digunakan melapisi dinding agar tidak kotor ketika dipakai masak. Selain itu penggunaan wallpaper ini juga sebagai dekorasi area masak biar nggak terlalu kaku.

Cara pasangnya di mulai dari bagian atas, lalu diratakan menggunakan tangan secara perlahan, biar tidak ada udara yang terperangkap. Pemilik akun cuma menggunakan 4 lembar wallpaper dengan membentuk letter 'L'.

kamar jadi dapur mini
© 2024 TikTok/@nurbetipuputr

Sementara itu, untuk mejanya dilapisi menggunakan stiker vinyl bermotif kayu berwarna cokelat muda. Stiker dipasang untuk menutup permukaan meja yang sudah kotor. Meja ini nantinya akan dijadikan tempat kompor. Pemilik akun ini menggunakan 2 stiker vinyl untuk menutup dua meja sekaligus.

Di bagian bawah meja dipasang tirai berwarna putih untuk menutup kaki-kaki meja yang buluk. Selain itu menutup bagian bawah meja bikin area dapur lebih rapi dan estetik. Wanita ini juga menambahkan rak ambalan di dinding. Rak tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai bumbu dapur untuk memasak. Dengan begitu, bagian meja tidak terlalu penuh dengan barang.

kamar jadi dapur mini
© 2024 TikTok/@nurbetipuputr

Beginilah hasil dapur mini dalam kamar kos. Ukurannya memang kecil dan nggak banyak barang. Namun, dapur ini cocok banget buat kamu yang pengin punya area masak sendiri di tempat kos. Selain lebih simpel dan hemat bujet, dari segi estetika dapur ini juga nggak kalah dengan dapur lainnya, lho.

Biaya makeover kecil-kecilan ini nggak sampai Rp 100 ribu, lho. Wallpaper dindingnya merogoh kocek Rp 32 ribu. Sementara gorden kolong dapurnya dibanderol Rp 24 ribuan saja. Rak dindingnya sebagai hiasan hanya Rp 31 ribuan saja. Dengan modal di bawah Rp 100 ribu, kamu bisa bikin dapur sendiri di dalam kamar kos.

Hingga artikel ini dimuat, video postingan akun @nurbetipuputr ini sudah menarik perhatian warganet, hingga ditonton lebih dari 14 ribu. Video ini diunggah dua kali dengan judul "dapur mini di dalam kamar".

"Ka room toor buat ide aku karna gada dapur wkwkw," kata @nfshsarahaha.

"Spill kamarnya kak, sama ukuran kamarnya... menginspirasi sekaliii," puji @_lilycious_.

"Room tour ka. buat inspirasi," kata @rizcikky27.

"Bagus kak," puji @tictac_150908.

(brl/red)

RECOMMENDED