Brilio.net - Bukan hanya wajah, kendaraan pribadi seperti motor pun butuh perawatan untuk menjaga kinerja mesin tetap berjalan optimal. Selain itu, perawatan juga dibutuhkan untuk memperpanjang usia mesin motor yang setiap hari digunakan.

Salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin yakni mengganti oli. Komponen ini begitu penting buat kendaraan karena berfungsi sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin. Begitu pentingnya oli bagi kendaraan, maka nggak salah jika telah mengganti akan berdampak buruk kedepannya.

BACA JUGA :
Pria tinggalkan pekerjaan PNS bergaji Rp20 juta demi jadi tukang gosok WC di Australia, ini alasannya

Namun, sayangnya banyak wanita yang lebih memilih membeli skincare daripada harus merogoh kocek untuk perawatan motor. Seperti juga yang dilakukan oleh pemilik akun @cantikaputri1204. Diungkapkan lewat TikTok-nya, ia harus menanggung penyesalan akibat kesalahannya tak melakukan perawatan mesin motor.

Alih-alih untung, siapa sangka jika ia harus rogoh kocek hingga jutaan demi mengembalikan performa motornya seperti sedia kala. Hal ini diketahui saat ia mendapatkan chat dari montir bengkel tempat service motor.


BACA JUGA :
Pria misterius mengakhiri hidup di flyover Cimindi tinggalkan surat di sepotong kardus, begini isinya

foto: TikTok/@cantikaputri1204

"1,5 ke atas atau gimana?" tanyanya saat memastikan soal biaya perawatan motornya, Jumat (28/6).

"Kurang lebih segituan," jawab sang montir.

Sontak hal tersebut membuatnya kaget. Mengingat, biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Sang montir pun memberikan peringatan tegas untuk selalu rajin melakukan perawatan kendaraan. Ia pun menyesal jarang melakukan servis rutin dengan mengganti oli.

"Kalo dah bener ganti olinya yang rajin. Jangan cuma gara-gara hal receh jadi keluar duit gede," papar montir tersebut.

"Ya maaf gue kira oli nggak penting-penting amat," beber sang pengunggah video.

Hal yang membuat wanita ini syok karena semua komponen motornya harus diganti baru. Tak hanya oli, ia juga harus mengganti air radiator hingga paking noken AS. Sang montir pun merinci berbagai hal yang perlu diganti oleh wanita itu untuk mengembalikan performa motornya.

foto: TikTok/@cantikaputri1204

"Ni gua rinciin ya. Yang diganti stang seher, klaher kruk AS, sil kruk AS magnet, sil kruk AS CVT, seher, pelatuk klep, paking top set, oli, air radiator, klahen noken AS, bosh klep, stil waterpump. Itu lu perkara telat ganti oli. Oli lu kering nggak ada sama sekali," jelas sang montir.

Wanita yang diketahui bernama Cantika ini pun menyebut ini semua menjadi penyesalan terbesarnya. Ia pun berjanji untuk rutin melakukan servis motor, dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli skincare.

foto: TikTok/@cantikaputri1204

Tak lama diunggah, banyak yang memberikan respons terkait curhatan Cantika di laman TikTok. Banyak yang kaget lantaran kendaraan Cantika mengalami kerusakan cukup berat hanya lantaran tak mengganti oli.

"pantes aja mahal stang seher soalnya,mndng naik spek aja menurut gw," ujar @vekk.justkidz

"stang seher sampe kena, itu oli di mesin lu bukan gosong lagi, gurun sahara udah itumah," kata @bluem.o.o.n

"akhirnya dari 100jt wanita di luar sna baru satu wanita yang tersadarkan pentingnya ganti oli motor," tambah @adabadaknya8

 

 

(brl/far)

RECOMMENDED