Brilio.net - Wisuda merupakan momen selebrasi karena sudah lulus pada tingkat pendidikan tertentu. Biasanya, momen wisuda melibatkan pemberian gelar oleh universitas kepada lulusan. Namun, akhir-akhir ini wisuda tak cuma menjadi ajang seremonial bagi perguruan tinggi, tetapi juga diadopsi oleh SD, SMP dan SMA.

Bahkan, saat ini wisuda juga dipakai untuk anak-anak yang baru saja lulus dari Taman Kanan-kanan (TK). Seperti yang belakangan ini ramai dibicarakan di media sosial. Wisuda Tk ini menjadi omongan lantaran dinilai terlalu berlebihan. Namun ada pula yang mendukung kegiatan tersebut.

BACA JUGA :
Lulus lewat paket C di usia 29 tahun, 11 momen Atta Halilintar jalani wisuda SMA ini curi perhatian

Dilansir brilio.net dari unggahan TikTok @wfotiaphari, layaknya wisuda universitas, TK tersebut juga melaksanakan wisuda dengan menggunakan Toga. Terlihat anak-anak kecil itu sedang berbaris dengan mengenakan toga berwarna biru. Mereka dinyatakan lulus dan berhak untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Dasar (SD).

Selain toga, gedung yang digunakan pun tampak menakjubkan. Terlihat banyak tamu undangan, yang mana didominasi orang tua murid dan keluarga dekat mereka. Tempat duduk mereka persis seperti kursi pada acara nikahan di hotel-hotel. Dimana kursi dibalut dengan kain berwarna putih.


BACA JUGA :
Satu kelas isinya 14 pasang orang kembar, momen kelulusan pelajar SMA ini langka banget

wisuda tk mewah
TikTok/@wfotiaphari

Selain itu, gedungnya menggunakan karpet yang juga sering dijumpai di hotel-hotel. Ruangan diset dengan membuat satu jalan khusus di tengah. Sementara bagian kiri kanannya adalah kursi tamu yang diberi pembatas.
 
Ternyata jalan di tengah tersebut sengaja dibuat untuk dilewati para murid TK yang melaksanakan wisuda. Mereka nantinya naik ke panggung untuk melaksanakan prosesi kelulusan. Entah ritual semacam apa, namun wisuda TK kali ini memang tampak mewah.

Saat para wisudawan itu masuk, mereka diiringi 4 orang yang memakai pakain seragam bak taruna. Pengiringnya juga berjalan formal selayaknya gerak jalan. Selain itu, pengiring tersebut juga membawa bendera merah putih. Murid TK yang sudah dinyatakan lulus itu berjalan beriringan di belakang pengiringnya.

wisuda tk mewah
TikTok/@wfotiaphari

Melihat perayaan kelulusan yang terlampau mewah, salah satu orang tua murid dibuat syok. Dia pun mengunggah momen tersebut ke akun TikTok-nya. Dia baru mengetahui bahwa prosesi wisuda TK seperti yang dia saksikan sendiri. Padahal sebelum-sebelumnya, dia belum pernah melihat hal serupa.

"Syok banget jadi orang tua. Ternyata wisudaan anak TK kayak gini ya," ujarnya di video.

Namun, prosesi ini menuai perhatian warganet. Banyak yang tidak sepakat dengan wisuda TK yang begitu mewah. Bagi mereka, wisuda seharusnya hanya dilakukan untuk perguruan tinggi karena mahasiswanya telah meraih gelar sarjana.

wisuda tk mewah
TikTok/@wfotiaphari

Momen wisuda TK yang dinilai hampir mirip dengan ceremonial kelulusan perguruan tinggi ini membuat sejumlah orang tergelitik untuk membandingkan keduanya. Jika di perguruan tinggi membutuhkan usaha lebih untuk bisa merasakan menggunakan toga, namun tidak untuk murid TK. Agaknya untuk kedepan, prosesi wisuda bukan suatu yang spesial, mengingat dari TK saja mereka sudah bisa merasakannya.

Tak sedikit pula warganet yang tidak sepakat dengan momen wisuda TK yang hampir setara perguruan tinggi itu. Mereka menilai wisuda TK yang terlalu mewah akan membuat orang tua merogoh kocek lebih banyak. Padahal uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan anak di kemudian hari.

"Gw paling ga suka sebenarnya wisudaan begini karna di ujung ortu mikirin uang untuk keperluan selanjutnya.. UD paling bnr wisuda abis kuliah karena ortu pun lega ga ada pengeluaran LG yg berurusan ma sekolah.. koq negara kita tutup mata Kya gini ya," kata akun @marlina.josoef

"welcome to negara yang lebih mentingin ceremonial timbang kualitas pendidikan. ppdb kacau. joki tugas joki skripsi terang2an iklan," tulis akun @nilou_susi01

"Tau gak yang lebih nyelekit apa lagi? Beres bayar wisuda, kita mesti bayar sekolah lagi buat sekolah lanjutannya aku gak ikutan gimana, ikutan bayarnya mahal wkwkwk," komentar akun @niaardecco.

wisuda tk mewah
TikTok/@wfotiaphari

Namun bagi seorang ibu yang anaknya ada di video tersebut, momen ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pencapaian sang anak. Sehingga, dia tidak mempermasalahkan hal tersebut.

"Tapi perlu juga normalisasi appreciate hal sekecil apapun apalagi ke anak-anak kita," pungkas akun @wfotiaphari.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh informatif inspiratif edukatif (@_thinksmart.id)

 

(brl/ola)

RECOMMENDED