Selain tak perlu mengkonsumsi apapun selama 16 tahun, wanita muda ini juga mengaku tidak pernah menggunakan toilet dalam waktu tersebut. Sebab, ia merasa tidak perlu mengeluarkan apapun dari tubuhnya. Satu-satunya alasan yang membuatnya pergi ke kamar mandi adalah saat dia mandi.

Kisah dari Ambaw ini menjadi viral setelah dikunjungi oleh Drew Binsky. Seorang wisatawan yang saat itu sedang mengunjungi Ethiopia. Binsky langsung memutuskan untuk bertemu dengan Ambaw dan membuat sebuah video. Lantas, video tersebut menjadi viral.

BACA JUGA :
Kelas BPJS Kesehatan dihapus, begini skema iuran, penggolongan dan layanan yang tidak ditanggung

foto: YouTube/@Drew Binsky


Sebelumnya, nama Ambaw juga pernah menjadi sorotan publik pada tahun 2016, Rumornya beredar bahwa ada seorang gadis yang bisa bertahan hidup tanpa makan atau minum. Banyak juga reporter TV yang telah datang ke desa tempat Ambaw tinggal untuk liputan dan mendokumentasikan kasus aneh tersebut.

BACA JUGA :
Ramai banyak anak sekolah terindikasi Thalasemia, kenali pengertian, gejala, serta cara mengobatinya

Meski tanpa makan dan minum, Ambaw dilaporkan punya kehidupan normal, kesehatannya baik, dan memiliki energi untuk melakukan tugas sehari-hari. Bahkan ia harus memasak untuk orang lain dan menjalankan berbagai keperluan. Ia sudah berkali-kali menjalani tes kesehatan. Meskipun tidak ada yang dapat memastikan apakah dia mengatakan yang sebenarnya, seorang dokter mengonfirmasi bahwa memang tidak ditemukan bukti makanan di ususnya pada saat pemeriksaan.

Pada tahun 2021, blog berita Ethiopia, Borkena mengumumkan bahwa Ambaw direncanakan menjalan pemeriksaan oleh dokter di Dubai. Dalam wawancaranya bersama Drew Binsky, Ambew mengaku dokter tidak menemukan sesuatu yang salah pada dirinya.

"Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan. Itu pekerjaan Tuhan dan saya menerimanya saja," ujar Ambaw.

foto: YouTube/@Drew Binsky

Sebelumnya, ada orang yang berhasil memecahkan rekor dengan bertahan hidup tanpa makanan selama beberapa waktu. Namun kasus Ambaw ini sungguh istimewa karena bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Menurut Guinness Record, waktu terlama yang pernah dilakukan seseorang tanpa makanan dan minum adalah 18 hari. Sementara, Ambaw melakukannya selama 16 tahun.

 

(brl/far)