Brilio.net - Meski sering disepelekan, warna cat dapur ternyata bisa memberikan aura yang berbeda untuk hunian. Salah satu cara untuk menentukan warna dapur adalah dengan melihat feng shui.

Feng Shui adalah sebuah filsafat Tiongkok kuno yang mengatur bagaimana cara energi (chi) mengalir melalui lingkungan, termasuk dalam sebuah ruangan atau bangunan. Tujuannya adalah menciptakan harmoni antara individu dan lingkungannya dengan mengatur ruang dan benda-benda di dalamnya sedemikian rupa sehingga tercipta energi positif.

BACA JUGA :
8 Cara menata kamar tidur menurut feng shui, tidur lebih nyenyak dan cuan tetap ngalir

Nggak cuma itu, ketika kamu memberikan warna cat dapur yang sesuai dengan feng shui, dipercaya hal ini akan mendatangkan beragam keuntungan dan keselamatan. Feng shui juga bisa memengaruhi energi yang mengalir di dalam ruangan dan dapat mempengaruhi suasana hati serta kesejahteraan penghuninya.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana caranya memberikan cat dapur menggunakan feng shui, kamu bisa membaca beberapa contoh yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/6) berikut ini.


Warna cat dapur menurut feng shui.

1. Warna putih

BACA JUGA :
8 Cara menata ruang tamu ala feng shui, alirkan energi positif dalam rumah

foto: freepik.com

Tahukah kamu jika warna putih menurut feng shui melambangkan kebersihan dan kesucian? Jika kamu menggunakan warna putih untuk cat dapurmu, maka bisa membangkitkan kecerahan dan keteraturan pada area tersebut. Jika kamu ingin memadukan warna putih dengan warna lain, kamu bisa menggunakan warna biru, hijau, merah, dan oranye. Selain bagus menurut feng shui, warna ini akan memberikan estetika untuk dapur.

2. Kuning

foto: freepik.com

Warna kuning menurut feng shui merupakan warna yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan suasana hati yang ceria. Rona kuning biasanya dikaitkan dengan matahari yang dipercaya membawa kegembiraan dan optimisme untuk pemiliknya nih. Selain itu, warna kuning bagus untuk dapur karena dapat mengoptimalkan pencernaan, merangsang energi, dan menciptakan suasana rumah yang ramah.

3. Biru

foto: freepik.com

Warna selanjutnya yang cocok untuk diaplikasikan di dapur kamu yaitu biru. Warna biru bisa menciptakan perasaan terbuka dan kelapangan serta membantu menciptakan rasa terhubung kepada alam. Jika digunakan dalam kombinasi dengan warna lain, warna biru dapat membantu dapurmu lebih harmonis dan seimbang. Namun kamu harus berhati-hati loh. Warna biru bisa memberikan rasa dingin. Jadi kamu harus bijak untuk memberikan kombinasi dan peletakan warna biru di dapur untuk menciptakan efek yang diinginkan.

4. Hijau

foto: freepik.com

Warna hijau seringkali menimbulkan suasana yang harmonis, releks, dan seimbang. Warna hijau juga bisa meningkatkan kejernihan mental, menguras stres, dan mendorong suasana yang tenang. Warna hijau juga menjadi pilihan yang tepat untuk dapur kamu karena menciptakan lingkungan yang damai dan menenangkan. Maka dari itu, warna hijau bisa menjadi opsi yang menghias dapurmu. Selain itu, warna hijau dapat memberikan konsentrasi dan kreativitas.

5. Merah

foto: freepik.com

Warna merah dipercaya bisa menciptakan kehangatan dan membangkitkan selera. Selain itu warna merah bisa memberikan suasana yang mendorong percapakapn terjadi. Merah juga memberikan suasana cerah dan melambangkan energi dan gairah. Warna merah dipercaya dapat memberikan keberuntungan di dalam rumah. Namun kamu harus memastikan bahwa warna merah tidak boleh terlalu banyak. Kamu bisa memadukan nuansa merah ke bagian dinding dan lemari.

6. Oranye

foto: freepik.com

Warna oranye memberikan kesah yang cerah dan melambangkan keceriaan serta optimisme. Warna ini dipercaya dapat memberikan keseimbangan dan kehangatan dalam rumah. Namun, kamu jangan menggunakan warna ini terlalu banyak ya, sebab warna ini dipercaya bisa menimbulkan gairah memberontak.

7. Krem

foto: freepik.com

Jika kamu bosan dengan warna putih, kamu bisa juga menggunakan warna krem juga, lho.
Menurut feng shui, warna krem atau khaki dan warna tanah lainnya yang digunakan di dapur bisa membawa stabilitas dalam rumah tangga dan membuat kamu memiliki ruang untuk memasak yang harmonis.

Tidak hanya itu saja, warna krem juga memberikan suasana yang hangat sehingga cocok dikombinasikan dengan warna lain untuk memberikan suasana yang lebih nyaman dan tentram.

Kompor sebaiknya menghadap kemana menurut feng shui?

Menurut prinsip Feng Shui, arah kompor dalam dapur dapat memengaruhi energi yang mengalir di dalam ruangan dan mempengaruhi kesejahteraan penghuninya. Adapun saran yang bisa kamu pertimbangkan untuk arah kompor yang baik menurut feng shui sebagai berikut:

1. Menghadap timur

Menurut tradisi Feng Shui, arah Timur adalah arah yang dikaitkan dengan energi kesehatan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, menghadapkan kompor ke arah Timur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan keberuntungan bagi penghuni rumah.

2. Menghadap ke arah selatan

Arah Selatan juga dianggap baik untuk penempatan kompor menurut Feng Shui. Ini dikaitkan dengan energi kekayaan dan kemakmuran, sehingga menghadapkan kompor ke arah Selatan dapat membantu meningkatkan keberuntungan finansial.

3. Menghadap ke arah utara

Arah Utara dianggap sebagai arah yang kurang baik untuk penempatan kompor menurut Feng Shui. Ini karena dianggap sebagai arah yang terkait dengan air, yang dapat memadamkan energi Api dari kompor dan menyebabkan ketidakseimbangan.

(brl/wen)

RECOMMENDED