Brilio.net - Peralatan sekolah seperti pensil, penghapus, penggaris, pulpen, atau bahkan pensil mewarnai, dan rautan menjadi bagian penting bagi siswa sekolah. Dengan pensil mereka dapat menulis setiap pelajaran di sekolah, begitu juga dengan pensil warna untuk mewarnai hasil goresan tangan mereka. Nah, penggunaan pensil terlalu sering akan membuat ujungnya menjadi tumpul, untuk itu dibutuhkan rautan.

Berbicara soal rautan, kamu tentu sudah tahu bukan bagaimana cara menggunakannya. Yap, memang sangat sederhana. Cukup masukkan ujung pensil ke lubang rautan, kemudian pensil diputar mengikuti mata pisau di dalam rautan tersebut. Mata pisau akan memangkas kayu yang melapisi grafit membentuk kerucut runcing.

BACA JUGA :
Bukan digosok kertas amplas, begini trik ampuh menajamkan gunting tumpul cuma pakai 1 alat dapur

Grafit pun akan terasah menjadi runcing dan pensil bisa kembali digunakan untuk menulis. Cara ini terbilang konvensional dan sebagian orang bahkan merasa bahwa ini cukup merepotkan. Tak jarang rautan manual memuat bentuk pensil kurang rapi.

Sekarang ini memang sudah ada rautan dengan desain otomatis dan elektrik, namun harganya terbilang mahal. Sebagian orang berpikir, rasanya tidak begitu penting jika harus mengeluarkan bajet besar hanya untuk sebuah rautan. Namun mereka juga ingin kegiatan meraut pensil jadi lebih mudah dan cepat. Oleh karena muncullah ide kreatif.


Dalam sebuah video unggahan TikTok @bangpan.2023, terlihat seorang pria membagikan trik sederhana namun sedikit nyeleneh untuk menciptakan rautan otomatis dan mempermudah kamu saat meraut pensil. Kamu tinggal memasukkannya ujung pensil ke dalam lubang rautan, kemudian tingga memutarnya secara otomatis.

BACA JUGA :
Tak perlu dibongkar, cara wanita bersihkan mesin cuci ini ampuh jadi kinclong tambah 1 bahan dapur

"Anak sekolahan tersenyum melihat ini," tulis caption pada unggahan tersebut.

Dalam video tersebut diperlihatkan, pembuatan rautan otomatis ini adalah dengan menggabungkan dua barang, yakni mainan pistol gelembung.

Lifehack nyeleneh cara bikin rautan otomatis
TikTok/@bangpan.2023

Mulanya, rautan pensil manual dioleskan lem tembak yang dipanaskan terlebih dulu dengan korek api. Lelehan lem tersebut dioleskan pada bagian bawah rautan. Kemudian, bagian yang telah diolesi lem ditempelkan pada baling-baling mainan pistol tersebut.

Sebelumnya, pria dalam video ini mengecek kekuatan lem pistol gelembung yang sudah ditempel rautan itu dengan menyalakannya beberapa kali. Tampak mainan pistol tersebut berputar bersama rautan yang menempel.

Lifehack nyeleneh cara bikin rautan otomatis
TikTok/@bangpan.2023

Alhasil, ketika dicoba untuk meraut pensil, alat yang kini telah menjadi rautan otomatis ini pun sukses membuat pensil lancip dalam hitungan detik.

Lifehack nyeleneh cara bikin rautan otomatis
TikTok/@bangpan.2023

Tangan tak perlu repot memutar-mutar batang pensil, hanya tinggal memasukkannya ke lubang, dan pensil siap pakai!

"Wih bisa guys. Tinggal pencet doang ini. Lumayanlah tangan jadi nggak pegel guys. Berhasil!" kata pria dalam video tersebut.

Lifehack nyeleneh cara bikin rautan otomatis
TikTok/@bangpan.2023

Video lifehack nyeleneh ini pun jadi sorotan banyak warganet yang turut memberikan responnya di kolom komentar.

"Gua akui lu kreatif orangnya bang. Itu pasti mainan adek lu kan?!" tulis pemilik akun @.piannn86

"Berguna sih. Tapi kalau masuk tas bukannya berat di tas kita juga kan ada buku," kata akun @malaikhamalik.

"Terus keluarin bubuk pensilnya dimana bang?" tanya akun @jerry_jerry_jerry10.

"Nggak usah dikeluarin bang, didiemin aja disitu sampai jadi kompos," timpal akun membalas pertanyaan di atas @cewzzzz.

 

(brl/ola)

RECOMMENDED