Brilio.net - Salah satu fitur penting yang ada di sepeda motor adalah lampu depan. Lampu punya fungsi fundamental karena memberikan penerangan bila berkendara di malam hari. Selain itu saat ini pengendara motor harus menyalakan lampu agar tidak kena tilang.

Akan jadi masalah kalau lampu motor bagian depan rusak dan tak bisa menyala. Motormu mungkin bisa dipakai saat siang, tapi saat langit gelap, kamu akan kesulitan melihat arah jalan karena tak punya cahaya penerang dari lampu motormu. Maka penting merawat lampu motor ini agar tetap berfungsi dengan baik.

BACA JUGA :
Lifehack nyeleneh pria buat alat penggaruk pakai 1 jenis kulit buah, gatal sekaligus daki auto musnah

Adapun beberapa faktor kerusakan lampu depan diakibatkan oleh korsleting listrik, fuse terbakar, aki lemah, switch lampu rusak, lampu motor terkena air, karat di bagian saklar, kualitas bohlam lampu yang buruk, adalah deretan penyebab yang perlu kamu antispasi.

Jika kamu merasa lampu motormu ada masalah, kamu bisa segera mengeceknya atau mendatangin bengkel terdekat agar masalah segera diatasi. Meski begitu, kondisi lampu motor yang rusak juga sering diakali dengan berbagai macam ide yang kadang nyeleneh. Salah satunya adalah lifehack nyeleneh pada lampu motor yang dilakukan pria ini.


BACA JUGA :
Bukan direndam cuka, ini trik bersihkan pisau berkarat hanya andalkan 1 bahan dapur

lifehack nyeleneh pria atasi lampu motor rusak
Instagram/@majelis_tak_paham_mesin

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @majelis_tak_paham_mesin pada Jumat (31/5), pria dalam unggahan video ini punya trik nyeleneh mengatasi lampu depan motor, dengan cara yang nggak disangka-sangka. Ide absurd yang dipakainya itu disebut sebagai masa depan atau 'future' oleh si pemilik akun.

lifehack nyeleneh pria atasi lampu motor rusak
Instagram/@majelis_tak_paham_mesin

Dalam video tampak motor yang bagian lampunya sudah mati dan tidak ada bohlam sama sekali. Alih-alih membawanya ke bengkel, pria ini justru memasukkan lilin sebagai pengganti bohlam. Sementara itu, untuk dudukan lampu menggunakan kaleng bekas minuman yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa bertengger di bodi motor.

lifehack nyeleneh pria atasi lampu motor rusak
Instagram/@majelis_tak_paham_mesin

Cara menyalakan lampu depan motor ini terbilang unik. Bukan pakai saklar motor, melainkan dihidupkan dengan bantuan korek gas. Mula-mula kaca penutup di buka terlebih dahulu. Kemudian buat api dengan pemantik, kemudian tutup kembali kaca agar terhindar dari tiupan angin.

Penutup kacanya juga dipasang secara sederhana, yakni menggunakan lakban putih yang disambungkan dengan bagian atas motor. Pemilik sengaja menggunakan kaca bening supaya lampu dari lilin bisa tembus ke luar.

lifehack nyeleneh pria atasi lampu motor rusak
Instagram/@majelis_tak_paham_mesin

Selanjutnya, motor pun dihidupkan mesinnya, dan berjalan tanpa khawatir kesulitan menembus gelapnya malam. Ya walaupun motor ini jadi memiliki lampu lagi, tapi nggak menjamin cahaya yang dihasilkan bisa menerangi jalan, terutama pada malam hari.

Mengingat ini adalah lifehack nyeleneh, tentunya cara ini tidak direkomendasikan untuk diikuti. Alangkah baiknya jika motor tersebut dibawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MAJELIS BERKENDARA (@majelis_tak_paham_mesin)

(brl/red)

RECOMMENDED