Hal inilah yang menyebabkan banyak karakter yang disederhanakan seperti Upin dan Ipin yang tidak diberikan rambut demi menghemat waktu dan biaya.

"Upin dan Ipin botak? Begitu pula saat Upin & Ipin Season 1 diproduksi, LCP harus memangkas biaya dan mempercepat proses produksi. Menata rambut (simulasi rambut) saat itu terlalu menyita waktu. Jadi Upin dan Ipin didesain botak tapi Upin punya rambut sehelai," tulis akun @lescopaque memberikan keterangan.

BACA JUGA :
8 Potret terbaru Asyiela Putri pengisi suara karakter Upin Ipin

foto: Instagram/@upin_ipin_dan_kawan2


Mengingat proses rendering animasi tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang baik, dan tentu harganya mahal, maka karakter Upin dan Ipin pun dibuat botak. Namun siapa sangka, 'kebotakan' dari duo kembar ini malah jadi ciri khas dan sangat populer bagi masyarakat Tanah Air.

BACA JUGA :
Ilustrasi 9 tokoh kartun Upin & Ipin jadi dewasa, manglingi

Hal tersebut ditegaskan lagi oleh pendiri Les' Copaque, Burhanuddin Md Radzi turut menjelaskan kalau alasan dibalik botaknya Upin dan Ipin ini murni karena alasan teknis saat proses produksi, bukan karena ada penyebab penyakit di baliknya seperti yang ramai diperbincangkan warganet.

foto: Instagram/@upin_ipin_dan_kawan2

"Upin & Ipin dipilih karena alasan teknis. Karena kembar dan tidak punya rambut, ini mempermudah aspek animasi. Membuat rambut merupakan proses animasi yang melelahkan. Bukan karena cerita mereka sakit atau yang lainnya," kata Burhanuddin dikutip brilio.net dari laman berita Thestar.com, Selasa (21/5).

(brl/lea)