Brilio.net - Baru-baru ini viral seorang bocah dengan sengaja menghalangi pengendara motor yang menerobos di jalur sepeda. Ia melakukannya dengan cara melintangkan sepeda di tengah jalan. Aksi anak tersebut lantas menuai pujian warganet.

Dalam sebuah video TikTok yang diposting oleh akun @classy6548 terlihat bocah itu dengan berani memberhentikan beberapa pengendara motor. Meski demikian, banyak kendaraan yang tetap nekat lewat dan tidak peduli dengan aksi anak tersebut. Hingga akhirnya ada seorang pria dewasa yang menggunakan jaket ojek online berhenti tepat di depan bocah tersebut.

BACA JUGA :
Momen penonton Coldplay bawa bendera Israel jatuh dari panggung, warganet malah fokus kondisi lampu

foto: TikTok/@classy6548


Bukannya memutar balik karena sadar melewati jalur yang salah, pengendara motor itu langsung melontarkan ucapan bernada tinggi. Ia menantang dan memarahi bocah tersebut karena telah memberhentikannya.

BACA JUGA :
Kelakuan fans Timnas fomo yang nekad mau peluk Justin Hubner, tindakannya bikin geram

"Apa lu video video," ujar pengendara itu sambil turun dari motornya, dikutip brilio.net dari akun TikTok @classy6548 pada Senin (24/6).

Meski dibentak oleh orang dewasa, bocah tersebut sama sekali tidak menunjukkan gestur gentar. Ia tetap berani menghalangi pengendara itu karena merasa tindakannya benar. Bocah yang mengenakan jaket hitam itu merasa ia lebih berhak atas jalur tersebut dibandingkan orang-orang yang mengendarai motor.

"Ku tampar kau sini, orang mana kau," ancam pengendara motor tersebut.

Ketika emosi sudah di ubun-ubun, pengendara motor berkacamata itu lantas mendekati sang bocah. Ia tampak benar-benar ingin melakukan penganiayaan. Namun, anak laki-laki itu sempat berupaya mengelak. Temannya yang membuat video lantas meminta tolong kepada beberapa orang di sekitar.

foto: TikTok/@classy6548

Namun ketika pengendara motor itu lengah, sang bocah lantas membalasnya dengan memukul bagian belakang helm. Tidak terima, pengendara motor itu pun mencoba mengejar bocah yang sudah lari menjauh. Ia lantas membanting sepeda bocah yang sudah menegurnya itu.

Percekcokan pun terjadi di antara keduanya. Syukurnya banyak orang sekitar yang mencoba melerai. Terlihat pada unggahan lain bocah tersebut mengalami beberapa luka akibat perseteruannya dengan pengendara motor yang menerobos jalur sepeda.

Dalam hal ini, tindakan tersebut sebenarnya mempunyai dasar hukum yang kuat. Penyediaan jalur sepeda memang secara khusus mempunyai regulasi lewat Pergub DKI Jakarta nomor 128 tahun 2019. Dalam peraturan itu disebutkan, penyediaan lajur sepeda dilaksanakan pada badan jalan, terpisah dari kendaraan bermotor dengan dilengkapi marka jalan, rambu lalu lintas, dan perlengkapan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejatinya, jalur sepeda hanya diperuntukkan bagi sepeda, sepeda listrik seperti otoped, skuter hoverboard, dan unicycle.

foto: TikTok/@classy6548

Di luar dari percekcokan yang terjadi, pengendara motor tersebut sudah melakukan pelanggaran terhadap marka jalan dan rambu lalu lintas di jalur sepeda. Ia bisa saja dikenakan sanksi berupa denda maksimum Rp 500 ribu atau kurungan pidana maksimal dua bulan. Sanksi tersebut berdasarkan Pasal 28 Ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan jalan (UU LLAJ) nomor 22 tahun 2009.

Dikutip dari merdeka.com, insiden ini sudah dilaporkan untuk mendapat konfirmasi dari pihak Pemprov DKI Jakarta dan pihak kepolisian. Namun, otoritas terkait belum ada yang merespons akan video yang viral tersebut.

foto: TikTok/@classy6548

Aksi bocah yang terbilang nekat itu menuai perhatian warganet. Banyak yang memuji keberaniannya untuk menegakkan peraturan.

"Selagi nggak bersalah nggak usah takut, teruskan bakatmu bang, menyala abangkuh," kata akun @athallahpulga1_.

"Mantap sih buat adeknya bisa nahan nggak ngomong kasar," tulis akun @wong.

"Salut gua sama lu boy, selagi bener gas aja nggak usah takut," komentar akun @nanonanomilky.

 

 

(brl/jad)

RECOMMENDED