Brilio.net - Pada musim haji 2024 ini, banyak artis Indonesia yang memutuskan untuk berangkat ke tanah suci. Salah satunya Kartika Putri dan suami, Habib Usman bin Yahya. Pasangan ini mendapat kesempatan mengunjungi Mekah di usia yang masih muda yakni 30 tahun.

Setelah kembali ke Tanah Suci, Habib Usman pun mengisahkan pengalamannya dalam menunaikan ibadah haji. Disebutkan, jika keputusannya berhaji kali ini datang secara mendadak. Awalnya, mereka berencana ke London dan tak ada niatan untuk haji.

BACA JUGA :
Dikira sindir Raffi Ahmad ngonten naik eskalator di Masjidil Haram, begini tanggapan Kartika Putri

foto: Instagram/@kartikaputriworld


"Jadi, hari Kamis malam Jumat, persis satu minggu sebelum berangkat, harusnya kita berangkat ke London janjian sama Atta dan Aurel untuk nonton final Liga Champions," ujarnya seperti dilansir brilio.net dari YouTube Kartika Putri Official, Senin (24/6).

BACA JUGA :
Dulu perabotannya usang, 9 potret dapur di rumah orang tua Habib Usman usai renovasi ini kian estetik

Namun di hari yang sama, ia dan sang istri bertemu salah satu orang yang punya kedekatan dengan Kedutaan Arab Saudi. Orang tersebut menawarkan agar pasangan suami tersebut tidak perlu pergi ke London tetapi meminta untuk berangkat haji.

"Sudah nggak usah berangkat ke London. Berangkat saja ke haji. Saya kasih visa besok," ucap Habib Usman menirukan ucapan orang tersebut.

Mendengar tawaran tersebut, pasangan yang sudah dikaruniai 2 orang anak ini sempat merasa ragu sebelum akhirnya menerima ajakan itu. Keraguan pasangan ini tak lain karena mereka berpikir jika visa haji tak bisa didapatkan dengan mudah begitu saja.

foto: Instagram/@kartikaputriworld

"Kita nggak percaya, kayaknya nggak mungkin nih visa bisa cepat banget gitu," ujar Kartika Putri menambahkan.

Orang yang menawarkan haji tersebut menjelaskan jika Indonesia masih ada sisa kuota untuk berhaji. Lantaran kondisi tersebut, mereka pun menawarkan kesempatan kepada Kartika Putri dan Habib Usman. Tak ingin melewatkan kesempatan tersebut, Kartika Putri dan sang suami pun mengiyakan.

"Kebetulan Indonesia itu memang masih ada sisa kuota banyak banget, beliau bilang gitu. Jadi insyaallah mudah nih. Kita bilang, 'Ya sudah bismillah'," papar Kartika.

Habib Usman membeberkan bahwa keberangkatan haji kali ini karena niat kuat Kartika Putri. Ia mengaku sebenarnya belum ada niat pergi haji lagi.

"Mungkin ini saya berangkat karena ingin nemenin istri," tutur Habib Usman.

Tak disangka, Kartika diberi kemudahan untuk berangkat haji. Ia bahkan sempat kaget syarat-syarat membuat visa yang baru ia kirimkan di hari Jumat sudah bisa dicetak di hari Senin. Keduanya pun langsung bergegas memesan tiket dan hotel secara pribadi.

"Visa cuma satu hari keluar. Hari Jumat baru kita kirim. Senin dibilang sudah siap semuanya. Cari hotel sendiri, cari tiket sendiri. Armina belum ada. Semuanya belum ada. Tapi Alhamdulillah Allah mudahin. Allah kasih orang-orang yang nolongin gitu," ucap Habib Usman.

Diungkapkan Kartika semua itu hanya modal nekat. Setelah mendapat tiket pesawat dan hotel, pasangan ini pun langsung menuju Madinah mengunjungi Raudhah.

foto: Instagram/@kartikaputriworld

"Kita tuh nekat banget yang penting kita bilang, udah kita berangkat dulu aja. Akhirnya kita putusin berangkat ke Madinah, ziarah ke makam rasul di Raudhah. Itupun Allah kasih mudah semuanya, karena biasanya kan masuk harus pakai tasreh," papar Kartika.

Namun, keyakinannya berhaji sempat goyah ketika ia belum mendapatkan card untuk masuk ke maktab Arafah. Tetapi berbekal nekat dan percaya, mereka pun akhirnya bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar.

"Pokoknya singkat cerita ini nggak direncanain, tapi Allah kasih kemudahan. Allah kasih kenikmatan yang nggak terduga-duga. Dan Alhamdulillahnya yang bikin aku bahagia, aku bisa menjalaninya sesuai sunnahnya Rasulullah," pungkas Kartika Putri.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED