Brilio.net - Dewi Yull sudah lama menjadi inspirasi para wanita lantaran menjadi sosok ibu mertua yang diidam-idamkan banyak orang. Penyanyi terkenal di era 90-an itu diketahui punya hubungan yang dekat dengan sang menantu Merdianti Octavia. Bahkan, tak jarang keduanya memamerkan kedekatan dengan membuat konten yang unik di media sosial.

Menurut Dewi Yull, sebenarnya hubungan antara menantu dan mertua bisa saja terjalin dengan baik selayaknya keluarga kandung sendiri asalkan ada rasa ikhlas. Dalam podcast yang dipandu Nikita Willy, Dewi Yull menilai kebanyakan mertua merasa anaknya diambil setelah menikah dan memulai kehidupan yang baru.

BACA JUGA :
7 Momen Dewi Yull dampingi anak wisuda S2 di Amerika Serikat, sang putra sabet 3 penghargaan

"Jadi kenapa terjadi konflik antara mertua dan menantu? Kebanyakan mertuanya itu merasa anaknya diambil, anaknya belum memberikan pengorbanan, belum bakti istilahnya," ungkap Dewi Yull dilansir dari YouTube Nikita Willy Official, Senin (10/6).

Mantan istri Ray Sahetapy ini menambahkan bahwa sebetulnya orang tua tidak berhak menuntut banyak hal dari seorang anak. Pasalnya, anak tak bisa memilih ingin dilahirkan di mana dan di keluarga seperti apa.


BACA JUGA :
Pesulap di iklan sabun colek jadul ini eksis jadi penyanyi, intip 10 potret lawasnya

foto: Instagram/@merdioctav

Dewi Yull menuturkan bahwa seharusnya orang tua tidak memiliki rasa timbal balik dari anaknya. Kelahiran anak di dalam sebuah keluarga adalah titipan dari Tuhan, titipan yang artinya bukan untuk dimiliki selamanya.

"Tapi tiba-tiba ibu terutama merasa 'kamu lahir dari saya, saya mau mati ngelahirin kamu, saya udah berkorban'. Jadi kayak minta timbal balik, lupa kalau tidak semua orang dititipi (anak). Inikan masalah titipan, pemahaman terhadap titipan dari Yang Maha Kuasa," pungkasnya.

Alasan itulah yang membuat Dewi Yull tidak merasa menantunya adalah orang asing yang telah merebut putranya. Bintang film Penginapan Bu Broto itu justru memperlakukan Merdianti seperti anak sendiri.

foto: YouTube/Nikita Willy Official

Diakui Dewi Yull rahasianya bisa akur dengan istri putranya, Rama Putra Sahetapy itu adalah karena menerapkan ilmu maklum. Terlebih, Merdianti juga termasuk orang yang terbuka, sehingga saat ada hal yang membuat merasa tidak nyaman, ia akan langsung berbicara pada Dewi Yull. Seperti pengakuannya yang secara terang-terangan mengatakan dirinya tidak pandai dalam memasak, mencuci baju, hingga membersihkan rumah.

“Waktu mau menikah, aku bilang ke ibu ‘bu, aku mau mengaku karena aku tuh kayanya nggak bisa kerja-kerjaan rumah, aku nggak bisa masak, aku tidak bisa ngepel, nyuci’” kata Merdi.

Respon Dewi Yull diluar ekspektasi Merdianti. Ibu dari dua anak itu tidak menyangka bahwa mertuanya itu menanggapi hal tersebut dengan santai dan positif.

“Terus mertua aku cuma ketawa dan bilang ‘sama dong, tos’ aku ekspektasinya kaya gimana gitu, ternyata dia tidak seperti itu,” bebernya.

foto: YouTube/Nikita Willy Official

Dewi Yull yakin dan percaya bahwa seiring dengan berjalannya waktu menantunya bisa melakukan tugas-tugas sebagai ibu rumah tangga. Karena sejatinya wanita adalah makhluk yang serba bisa, apalagi jika sudah menyangkut urusan keluarga.

“Karena akan bisa nantinya, buktinya dia bisa. Aku yakin yang namanya perempuan itu multitasking, seiring berjalannya waktu, punya anak. Naluri seorang ibu dia akan bisa melakukan apapun untuk keluarganya, aku yakin itu,” tutur Dewi Yull.

Melihat ucapan bijak Dewi Yull ini membuat netizen salut dengan kebesaran hati mantan istri Ray Sahetapy ini. Netizen meninggalkan komentar yang memuji Dewi Yul.

"Masya Allah...ilmunya daging bgt untuk para ibu yg one day akan menjadi mertua. Baguuus bgt, semoga ilmu bermanfaat ini menjadi pahala jariyyah bagi bu Dewi ..sehat² ya buuu," komentar @keluargakimora.

"Masyaallah kak merdi beruntung bgt dapet mertua baik pengertian, bikin iri," tulis @elazee3008.

"Banyak bgt belajar dr ibu Dewi Yul. Jd ibu yg bijaksana dan menghargai anak mantunya," kata @riniwardini.

 

(brl/lea)

RECOMMENDED