Brilio.net - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan telah menjadi asuransi kesehatan nasional yang dimiliki hampir semua orang, tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Layanan BPJS Kesehatan memang tak pandang kalangan, yang artinya setiap orang berhak mendaftarkan diri sesuai kelas yang diinginkan.

Meski kadang layanan BPJS ini punya sentimen negatif atau identik dengan fasilitas bagi kalangan menengah ke bawah, namun tak sedikit selebriti yang juga memilih asuransi terjangkau ini untuk pembiayaan kesehatan mereka. Salah satunya yakni artis Irwan Chandra yang juga mengandalkan BPJS sebagai alternatif asuransi bagi penyakitnya. Layanan BPJS telah membantu dirinya membiayai perawatan untuk penyakit usus buntu yang diidapnya.

BACA JUGA :
11 Seleb ini pilih oplas meski sudah cantik alami, ini potret sebelum dan sesudahnya

Seleb yang sempat tenar di tahun 2011 dengan lagu andalan 'Yes Yes Yes' ini menggunakan layanan pemerintah guna meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk perawatan kesehatannya. Nggak cuma Irwan, selebriti lain juga nggak gengsi menggunakan BPJS. Siapa saja mereka?

Berikut 8 seleb tak gengsi pakai BPJS Kesehatan, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (31/5).


1. Girindra Kara.

BACA JUGA :
Film dokumenter Harta Tahta Raisa, ungkap jatuh bangun kariernya hingga sukses konser tunggal di GBK

foto: Instagram/@girindrakara

Pada 2023 lalu, Girindra Kara mengikuti acara keluarga di Soreang, Kabupaten Bandung. Saat di kota tersebut, kedua anaknya tiba-tiba sakit. Anak pertama mengalami pilek, diare, dan batuk-batuk, sedangkan anak kedua mengalami panas dan batuk-batuk.

Khawatir sang anak kenapa-napa, Kara langsung membawa anak-anak ke fasilitas kesehatan terdekat. Kondisi yang mendesak membuat Kara terpaksa menggunakan kartu BPJS untuk memeriksa kondisi kesehatan buah hatinya. Meskipun pakai asuransi pemerintah, Kara mendapat layanan kesehatan yang layak.

2. Joy Tobing.

foto: Instagram/@joydestinytobing

Joy Tobing, penyanyi jebolan Indonesian Idol juga pernah kedapatan mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus keanggotaanya di Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menyandang status artis papan atas, Joy Tobing tak malu menggunakan kartu BPJS untuk berobat. Bahkan ia juga turut mendaftarkan keluarganya untuk menggunakan fasilitas kesehatan dari pemerintah ini.

3. Fay Nabila.

foto: Instagram/@faynabilalxndr

Selanjutnya ada Fay Nabila yang pernah menjalani perawatan usus buntu. Kala itu, ia harus dirawat di Rumah Sakit di Surabaya yang memiliki biaya tinggi. Sebelumnya Fay Nabila sempat mengambil paket pengobatan dan operasi senilai Rp 36 juta untuk sekali perawatan.

Alhasil, Fay memutuskan untuk menggunakan BPJS Kesehatan dan biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar karena sebagiannya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

4. Nunung.

foto: Instagram/@nunung63.official

Saat mengidap penyakit kanker payudara, Nunung tidak terlalu memikirkan soal biaya pengobatan. Pasalnya artis lawak pemilik nama asli Tri Retno Prayudati ini menggunakan BPJS Kesehatan. Dengan begitu, dia hanya fokus melakukan pengobatan pada penyakitnya.

5. Aldi Taher.

foto: Instagram/@alditaher.official

Seleb yang kerap tuai kontroversi juga sempat menggunakan BPJS Kesehatan usai dinyatakan mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening. Kala itu, Aldi Taher harus menjalani kemoterapi sebanyak 6 kali. Karena biaya pengobatan yang cukup besar, membuat Aldi memutuskan menggunakan BPJS Kesehatan.

6. Abdee Slank.

foto: Instagram/@abdeenegara

Abdee, gitaris band Slank tak luput dari pengalaman dalam menggunakan BPJS Kesehatan. Diketahui, kala itu Abdee Negara mengalami gagal ginjal hingga harus melakukan cuci darah dan transplantasi ginjal. Untungnya, dia menggunakan layanan BPJS Kesehatan yang membantu mengurangi beban biaya pengobatannya.

7. Aldilla Jelita.

foto: Instagram/@dhila_dafbel

Pada 2020 lalu, istri Indra Bekti pernah mengidap Efusi Pleura atau penumpukan cairan di paru-paru. Karena penyakit yang diidapnya itu, Aldilla Jelita pun menggunakan BPJS untuk meng-cover biaya selama perawatan.

8. Irwan Chandra.

foto: Instagram/@irwanchandra_ic

Terbaru, Irwan Chandra kedapatan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan untuk pengobatan. Bukan tanpa alasan, Irwan mengalami krisis finansial sebab tidak ada pemasukan dari syuting, hingga tabungannya pun ludes.

Terlebih ketika pandemi, bisnis yang dijalaninya mulai dari properti hingga kuliner berujung bangkrut. Meski terpuru,  Irwan Chandra melakukan berbagai pekerjaan mulai dari jadi karyawan marketing di perusahaan hingga syuting striping pun kini diambilnya.

Namun, sayangnya pekerjaan tersebut tidak bertahan lama sehingga ia akhirnya kesulitan membayar sewa apartemen. Begitu juga ketika idap sakit usus buntu dan harus menjalani operasi, Irwan terpaksa menggunakan BPJS Kesehatan yang membantu biaya selama perawatan.

(brl/wen)

RECOMMENDED