Brilio.net - Bhai Kaba Bramantyo anak ketiga Zaskia Adya Mecca terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah pneumonia yang dideritanya kambuh. Kabar tersebut disampaikan Zaskia Adya Mecca melalui unggahan di Instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut, Zaskia memperlihatkan putranya yang akrab disapa Kaba terlelap di ranjang rumah sakit dengan sejumlah alat medis pada Kamis (30/5).

Sang putra bahkan sempat menjalani perawatan intensif di ruangan ICU salah satu rumah sakit di Jakarta. Istri Hanung Bramantyo menyebutkan saturasi oksigen sang buah hati masih memburuk, sehingga belum diizinkan pindah ke kamar regular. Untungnya, cepat ditangani di rumah sakit secara optimal hingga Kaba tidak mengalami asma susulan yang bisa berdampak buruk pada keselamatannya.

BACA JUGA :
Rumahnya unik mirip kos-kosan, ini 9 potret dapur Zaskia Adya Mecca di Jogja, sederhana tapi klasik

“Saturasi masih belum oke. Jadi masih nginep di ICU. Tapi, alhamdulillah sudah enggak ada serangan asma kedua," terang Zaskia melalui Instagram Story-nya @zaskiadyamecca, dilansir brilio.net pada Jumat (31/5).


foto: Instagram/@zaskiadyamecca

BACA JUGA :
Sering disebut kembar, intip 9 potret lawas BCL adu akting bareng Zaskia Mecca di sinetron

Diketahui, ini kedua kalinya Kaba mengidap penyakit pneumonia. Pneumonia atau dikenal paru-paru basah merupakan kondisi peradangan di paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri ataupun jamur. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada kantung-kantung udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru seseorang, sehingga menyebabkan gangguan fungsi paru-paru.

Gejala yang umum dialami penderita pneumonia ialah batuk berdahak, demam, sesak napas, menggigil, nyeri dada ketika bernapas atau batuk, mual dan muntah, nafsu makan menghilang, serta tubuh yang mudah lelah.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Pada unggahannya, Zaskia mengaku merasa lemas, badannya gemetaran hingga menggigil saat menghadapi situasi Kaba harus masuk ruang ICU. Pasalnya, ketika dilarikan ke rumah sakit, Kaba sempat mengalami gejala sesak napas, pusing, hingga mual.

"Kaba kena pneumonia lagi, persis yang dulu pernah sampai masuk ICU. Kali ini pun hampir masuk NICU. tapi alhamdulillah terlewati. Kali ke-2 ngerasain gemeteran mengigil sebadan, lemes rasa ga bisa, napak… dua2nya pas menghadapi Kaba hrs masuk ICU. Qodarullah Wa Maa Sya’a Fa’ala," ungkapnya.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Kakak kandung Haykal Kamil ini sempat merasa haru ketika sang putra mempertanyakan kepada sang ibunya kenapa harus mengalami cobaan penyakit tersebut. Tak ingin membuat anaknya panik, Zaskia lantas menenangkan Kaba dengan menuturkan bahwa sakit yang diderita sang anak kali ini sebagai rasa sayang Allah kepada Kaba.

“Eh ini justru Allah sayang.. Allah kasih sakit buat menjadi pelebur dosa nya Kaba kalo kaba ada lupa shalat, doanya orang sakit itu paling makbul, kalo kaba sakit Allah kangen sama doanya kaba, skr banyak yang bantuin buat sembuh, ada dokter-obat-bia dan semua yang Kaba butuhin ada,” jawabnya menanggapi pertanyaan sang anak.

“Oh iya, yang di Palestina lebih susah ya Bia? Iya deng aku enak banget sekarang ini ya nak. Langsung agak tenang dan ikhlas dia jalaninnya,” lanjut Zaskia.

Kemudian, dari musibah yang menimpa sang putranya, Zaskia menganggap sebagai ujian dan teguran untuk lebih taat kepada Yang Maha Kuasa sekaligus supaya lebih mengevaluasi diri agar tidak lalai sebagai orang tua.

"Ujian pun teguran dari Allah buat ku pastinya, tadi badanku sampe gemeter krn kepanikan.. insyaa Allah situasi begini jadi bahan evaluasi diri, sediiih anak yang kena mungkin krn kelalaian ku sbg orang tua," tutur Zaksia Adya pada penggalan captionnya.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Nggak berhenti di situ saja, Zaskia meminta dukungan dan doa dari warganet supaya putra tercintanya lekas sembuh. Di akhir captionnya, ia juga menyadur sebuah kalimat dari Hadis Bukhari tentang pertolongan Allah atas penyakit yang diderita sang buah hati agar segera terangkat.

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191),” tutup seleb berusia 36 tahun ini.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED